Jumat, 23 Januari 2015

PIANIS

PIANIS INDONESIA MERAMAIKAN FESTIVAL MUSIK KLASIK LONDON


         London, 22/1 (Antara) - Pianis remaja Indonesia Maria Immaculata Setiadi mengawali debutnya di Inggris dengan menampilkan gubahan komposer dunia Beethoven (1770-1827) dan Claude Debussy (1862-1918) pada Konser Festival Music yang diadakan Asia House selama tiga hari pada 19-21 Januari.

        "Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan panitia Music Feature and Talent Unlimited yang mengelar Festival ini. Saya berharap musik bisa menjadi jembatan budaya," kata Maria Immaculata Setiadi kepada Antara London, Kamis.

        Dalam penampilannya itu Maria juga menyisipkan gubahan dari komposer Indonesia Trisutji Kamal  dengan karyanya  Angin Barat.

        Maria menyelesaikan program S-2 di bidang pertunjukan piano (piano performance) di Royal College of Music dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak seperti patron dari MusicFeature and Talent Unlimited, Canan Maxton dan sang guru Nigel Clayton.

        Patron Music Feature and Talent Unlimited, Canan Maxton kepada Antara mengatakan Imma merupakan pianis yang sangat berbakat dan mereka merasa senang bisa menampilkannya di acara Music Festival di London.

        Selain Maria, Festival Musik itu juga menampilkan Award winning Indian pianist Julian Clef  dan Korean pianist Jason Bae serta Masterclass with Turkish classical pianist Ay¿edeniz Gökçin.

        Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb dan Sekretaris Satu KBRI London, Heni Hamidah ikut menikmati festival tersebut bersama dengan penikmat musik klasik di London lainnya.

        Maria yang pernah mendapatkan beasiswa unggulan dari Kementerian Pendidikan Indonesia mengaku sangat menghargai kedatangan Dubes Hamzah Thayeb dalam festival tersebut dan dalam konser lainnya.

         Sedangkan Dubes Hamzah Thayeb mengaku sangat menikmati konser tersebut dan menyatakan bangga melihat keahlian Imma (panggilan akrab Maria) sebagai pianis muda Indonesia yang dapat mengharumkan citra bangsa Indonesia di dunia musik internasional, selain musik tradisional gamelan Indonesia yang sangat dikenal di Inggris.

     
(ZG)
(T.H-ZG/C/A. Novarina/A. Novarina) 22-01-2015 17:16:36

Tidak ada komentar: