Selasa, 06 Januari 2015

SKOTLAND

WNI DI SKOTLANDIA GELAR PENGAJIAN AKHIR TAHUN

          London, 1/1 (Antara) - Warga muslim Indonesia di Glasgow, Skotlandia, menyambut tahun baru 2015 dengan mengelar pengajian Tahun Baru di Masjid SUMSA, University of Strathclyde, Glasgow.

        Pengajian itu dilakukan sebelum  warga Indonesia di Glasgow yang terdiri dari para pelajar dan mereka yang telah lama menetap dan bekerja di Skotlandia  melakukan liburan ke berbagai kota di musim dingin ini, kata Ahmad Zaki, mahasiswa postgraduate di Adam Smith Business School, University of Glasgow kepada Antara London, Kamis.

        Menurut Ahmad, pengajian yang dihadiri oleh sekitar 30 orang ini juga mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan seorang muslim ketika melakukan perjalanan liburan ke berbagai kota di Glasgow dan negara-negara Eropa.

        Tahun baru dinilai sebagai waktu yang sangat tepat untuk melakukan evaluasi atas tindakan-tindakan yang diambil sepanjang tahun 2014 dan membuat rencana terbaik untuk tahun 2015.

         Terkait hal ini, pembicara pada pengajian ini mengutip ayat ke-18 yang terdapat di dalam surat Al-Hasyar dan menekankan keperluan umat muslim untuk melakukan evaluasi dan rencana yang lebih baik.

          Evaluasi menjadi penting untuk mengkaji sejauh mana pencapaian dan menyusun rencana berikutnya untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

         Dalam konteks tahun baru, dua hal itu juga menjadi penting dalam rangka meningkatkan peran seorang muslim sebagai seorang hamba. Lebih lanjut, pembicara juga menyampaikan bahwa ayat yang tedapat di dalam surat tersebut menerangkan evaluasi dan rencara tahunan yang dilakukan oleh seorang muslim merupakan bagian dari kehidupan akhirat setelah kehidupan dunia.

         Evaluasi dan rencana  mengajarkan kepada muslim dalam mengelola waktu di dunia sambil terus fokus pada tujuan akhiratnya.

         Ahmad juga mengatakan, pengajian dilanjutkan dengan diskusi tentang rencana-rencana di tahun 2015 dan menikmati makanan-makanan khas Indonesia yang dibawa oleh warga yang hadir.

    (T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 01-01-2015 11:40:57

Tidak ada komentar: