Rabu, 05 Desember 2018

GENT


KOMENKO KEMARITIMAN-UNIVERSITAS GENT JAJAKI KERJA SAMA
Oleh Zeynita Gibbons

London,5/12 (Antara) - Delegasi Kemenko Kemaritiman yang dipimpin Laksda TNI Amrulla Octavian, Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut beserta pejabat lainnya bertemu dengan Prof. Dr. Frank Maes, Head of the Department of European Public and International Law, Director of Maritime Institute di Universitas Ghent.

Dalam pertemuan dengan Universitas Ghent ini, Delegasi Kemenko Kemaritiman melakukan penjajakan kerjasama terkait persiapan pembukaan Unmari, demikian Pensosbud KBRI Brusel, Ance Maylany kepada Antara London, Rabu.

Pertemuan Delegasi Kemenko Kemaritiman dengan Universitas Ghent sebagai negara maritim, Indonesia perlu memiliki banyak ahli dan penelitian di bidang maritim. Hal ini perlu didukung dengan pendirian Universitas Maritim Indonesia (Umnari) dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan tersebut kedua pihak membahas bidang kerjasama yang dapat dilakukan antara lain mencakup exchange student, joint research, visiting professor dan joint publication.

Gagasan pendirian Unmari merupakan tindak lanjut instruksi Presiden RI pada KTT Asia Timur yang menyatakan Indonesia sebagai ¿poros maritim dunia¿ dengan 5 pilar utama yaitu budaya maritim, sumber daya laut, infrastruktur dan konektivitas maritime, diplomasi maritim, dan menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritime.

Sebagai persiapan, Kementerian Koordinator Bidang Maritim melakukan kegiatan benchmarking dengan berbagai Universitas terbaik di Eropa guna menjajaki kerjasama dalam rangka peningkatan sumber daya dan teknologi di bidang kemaritiman.

Kunjungan delegasi Kemenko Kemaritiman ke Belgia pada 4 dan 5 Desember menjadi negara kedua dari rangkaian perjalanannya ke empat negara untuk penjajajakan kerjasama tersebut. Sebelum ke Belgia, delegasi bertemu dengan pihak TU Delft, lalu setelah dari Belgia akan mengadakan pertemuan dengan pihak World Maritime University di Malmo Swedia dan Copenhagen Business School di Denmark.

Dubes RI di Brussel, Yuri O. Thamrin menyambut baik inisiatif penjajakan kerjasama tersebut dan diharapkan dapat diwujudkan dengan baik. Universitas Ghent merupakan salah satu Universitas terbaik di Belgia. Lebih dari 40 orang mahasiswa Indonesia saat ini belajar di Ghent dengan bidang studi umumnya di tingkat master dan post doctoral. 
Pada publikasinya, peneliti Ghent menjadi peneliti terbanyak yang karyanya dirujuk pihak luar dari 65 ilmuwan di Belgia yang karyanya dirujuk paling banyak tahun ini, 21 orang berafiliasi dari Universitas Ghent). Peneliti dari Universitas Ghent dikenal sebagai Highly Cited Researchers oleh Clarivate Analytics (sebelumnya dikenal sebagai Thomson Reuters).(ZG)****3****
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 05-12-2018 21:56:14



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: