Jumat, 28 Desember 2018

RUSIA




UMAT KRISTIANI DI RUSIA RAYAKAN NATAL DALAM SEMANGAT KEBERSAMAAN

Zeynita Gibbons

London,25/12 (Antara) - Umat Kristiani warga Indonesia di Rusia di bawah koordinasi Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) merayakan Natal diwarnai semangat kebersamaan dalam kebhinnekaan di tengah cuaca dingin dan bersalju menyelimuti Moskow yang diadakan di KBRI Moskow, Sabtu (22/12).

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Senin mengatakan Perayaan tidak hanya dihadiri umat Kristiani, tetapi juga beragama lainnya, seperti Islam, Hindu dan Kristen Orthodox.

Selain Warga Indonesia di Rusia, termasuk mahasisnwa, diapora Indonesia, juga warga Indonesia yang sedang berkunjung ke Rusia juga warga Rusia dan warga negara lain, yaitu mahasiswa Malaysia, Singapura dan Nigeria. Di antaranya juga turut mengisi acara menyemarakkan perayaan Natal, termasuk paduan suara profesional Moskow conservatoria choir. 
Wakil Kepala Perwakilan RI di Rusia selaku Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI), Lasro Simbolon dalam sambutan Natal menyampaikan perayaan Natal sebagai anugerah dan rasa syukur. Pesan Natal untuk kehidupan bersama yang penuh kedamaian.

Menurut Lasro Simbolon, warga Indonesia di Rusia senantiasa menunjukkan kebersamaan, hidup berdampingan dan bahu membahu, tidak hanya dengan sesama warga Indonesia yang majemuk, juga warga negara Rusia dan warga negara asing lainnya.

"Ini bagian dari kebersamaan kita dalam merayakan hari keagamaan, seperti hari keagamaan lainnya. Kita rayakan Natal tahun ini dengan penuh kedamaian dan kita songsong tahun 2019 dengan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmatNya bagi semua," ujar Lasro Simbolon.

Ketua Panitia Natal, Kolonel Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy, menyampaikan Natal bertema yang mengutip dari Alkitab, yaitu "Yesus hikmat bagi kita", dengan subtema "Hidup bersama dalam hikmat Kristus"¿.

Sebelum acara perayaan Natal umat Kristiani di Rusia melaksanakan ibadah dan doa dipimpin Pastor Laurentius Lemdel yang khusus datang dari kota Volgograd, sekitar 970 km dari Moskow. Hadir Suster Jose Agustina dari Tambov, wilayah Rusia lainnya yang berjarak sekitar 460 km dari Moskow. ***4***
ZG/b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 25-12-2018 05:22:41



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: