Senin, 03 Desember 2018

PORTUGAL



PRESIDEN PORTUGAL TERPESONA PERTUNJUKAN TARI BALI

Oleh Zeynita Gibbons

London,4/12 (Antara) - Presiden Republik Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa terpesona dengan pertunjukan tari Bali dan Topeng Keras saat mampir di Booth Indonesia dalam Bazar Diplomatik diadakan di Centro de Congressos de Lisboa, Lisabon, Portugal, akhir pekan.

Dubes RI di Lisabon Ibnu Wahyutomo menyambut kedatangan Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa saat mengunjungi booth Indonesia dalam Bazar Diplomatik yang diadakan Asosiasi Keluarga Diplomatik Portugal pada 31 November-1 Desember 2019.

Fungsi Pensosbud KBRI Lisabon, Andre Nurvily, kepada Antara London, Selasa menyebutkan Dubes RI Lisabon menyambut kedatangan presiden dan mengalungkan kain tenun khas NTT sebagai cendera mata dari Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Dharma Wanita Persatuan KBRI Lisabon menjelaskan produk unggulan yang dipromosikan, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Indonesia menjadi satu-satunya negara yang menampilkan pertunjukan budaya dalam kegiatan tersebut dan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Presiden Portugal. 
Presiden meluangkan waktu menyaksikan pertunjukan sebelum meninggalkan lokasi kegiatan. Selama 3,5 jam kunjungan, presiden Portugal mendatangi setiap booth sambil menyapa ramah dan melihat produk unggalan yang ditawarkan.

Bazar Diplomatik tahun ini diikuti 40 booth terdiri dari pewakilan negara melalui kedutaan besar di Portugal, daerah otonomi Azores dan Madeira, serta lembaga promosi Amerika Latin dan Karibia yang ada di Portugal.

Booth Indonesia menyajikan produk unggulan seperti kain batik, kain tenun, hasil kerajinan tangan, aksesoris, serta kuliner tradisional Indonesia seperti rendang, sate ayam, nasi kuning, nasi goreng, onde-onde, panada, lumpia, dan nasi bakar.

Bazar dihadiri sekitar 1000 pengunjung bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan dari suatu negara atau wilayah kepada masyarakat luas di Portugal sekaligus sebagai penggalangan dana dengan cara menyumbangkan sebagian keuntungan dari hasil penjualan, tiket masuk dan door prize untuk lembaga penanganan penyandang cacat, penderita Multiple sclerosis, dan Alzheimer di Portugal.
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 04-12-2018 06:12:39



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: