Senin, 11 Februari 2019

OMAN




KBRI DAN DIASPORA GELAR KETERAMPILAN BURUH MIGRAN DI OMAN

Zeynita Gibbons

London,6/2 (Antara) - KBRI Muscat bekerjasama dengan Diaspora Indonesia di Oman bertekad untuk meningkatkan keterampilan para buruh migran Indonesia, khususnya PLRT yang berada di Kesultanan Oman antara lain, kursus bahasa Inggris, pelatihan merias, kuliner, kewirausahaan dan pembuatan aplikasi pada smartphone.

Counsellor Plt. Fungsi Pensosbud KBRI Oman, Intiar Dekrit kepada Antara London, Rabu, mengatakan untuk merealisasikan program tersebut, bertempat di KBRI Muscat diadakan pelajaran bahasa Inggris untuk pekerja migran dengan pengajar Ibu Devi Seto.

Para buruh migran menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Salah satu peserta kursus mengapresiasi diadakannya kursus bahasa Inggris. "kami sangat membutuhkan bahasa Inggris sebagai bekal apabila kembali ke Indonesia," ujarnya.

Ketua IDN-chapter Oman, Haposan Situmorang menyampaikan inisiatif ini datang dari Dubes RI untuk Kesultanan Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif, yang mendorong agar pekerja terampil Indonesia di Oman dapat membantu meningkatkan keterampilan para PLRT sehingga mereka dapat membuka usaha mandiri dan tidak kembali lagi menjadi PLRT.

"Kami beserta kawan-kawan siap membantu meningkatkan keterampilan saudara-saudara kita di Oman dan kami telah membentuk Task Force khusus untuk meningkatkan para PLRT," ujarnya.

Dubes menyampaikan bahwa dunia usaha di masa yang akan datang akan didominasi oleh keterampilan individu. Perkantoran akan berkurang, pola marketing berubah dan semua transaksi akan dilakukan melalui gadget atau online.

"Meningkatkan ketrampilan merupakan suatu keniscayaan apabila kita akan menang dalam persaingan usaha di masa yang akan datang," tambahnya. 
Dubes menghimbau mereka yang hadir untuk menginformasikan kepada teman lainnya untuk hadir pada acara pelatihan tata rias dan pembuatan aplikasi pada smartphone yang akan diadakan pada minggu depan.

Diharapkan pengetahuan mengenai sistem pemasaran melalui internet dapat membantu mempromosikan keterampilan dimiliki buruh migran. ***3*** (ZG)

(T.H-ZG/B/H. Agusta/H. Agusta) 06-02-2019 19:09:21





Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: