Jumat, 10 Oktober 2008

KERJASAMA JAKARTA DAN BUDAPEST

DISEPAKATI JALINAN KERJASAMA KOTA JAKARTA DAN BUDAPEST

Jakarta, 9/10 (ANTARA) - Delegasi Pemda DKI-Jaya yang dipimpin Gubernur Dr. Ir. Fauzi Bowo dan delegasi Budapest pimpinan walikota Gabor Demsky membahas kerjasama antara kedua ibukota dalam pertemuan di kantor walikota Budapest.

Kedua delegasi saling tukar pandangan dan pengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan khas ibukota termasuk mengatasi permasalahan kota yang beragam, demikian Sekretaris I Pensosbud, KBRI Budapest Arena Sri Victoria kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Dikatakannya dalam pertemuan itu diidentifikasi berbagai bidang kerjasama yang dilakukan seperti manajemen perkotaan, pariwisata, kebudayaan, ekonomi dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut Arena, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai manajemen perencanaan kota, pengadaan air minum, real estate, transportasi dan perlindungan lingkungan, perlindungan warisan budaya untuk dimasukkan sebagai bagian dari kerjasama dimaksud.

Pada pertemuan yang dihadiri Duta Besar Mangasi Sihombing, kedua kepala pemerintahan daerah, Gubernur Dr. Ir. Fauzi Bowo dan Walikota Gabor Demsky menandatangani minutes of meeting, yang akan ditingkatkan menjadi nota kesepakatan bersama.

Pada pertemuan bisnis antara pengusaha Jakarta yang mendampingi kunjungan Gubernur DKI Jaya dengan pengusaha Budapest, Gubernur Fauzi Bowo dalam sambutannya memberikan dorongan kuat bagi kedua pihak untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

Dalam pertemuan itu ia juga menjelaskan peran Jakarta sebagai ibukota dan sebagai pusat kegiatan perdagangan, ekonomi, wisata dan budaya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Duta Besar Indonesia telah menggarisbawahi tantangan-tantangan disamping potensi ekonomi-perdagangan yang dapat dikembangkan antara Indonesia dengan Hongaria termasuk Jakarta dan Budapest.***4***
U-ZG/
(T.H-ZG/B/E001/E001) 09-10-2008 16:16:27

Tidak ada komentar: