Senin, 06 Oktober 2008

LEBARAN DI BELANDA

FANI HABIBIE: LEBARAN BUAT PERSATUAN INDONESIA KUAT

Jakarta, 3/10 (ANTARA) - Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, JE Habibie mengatakan, Idul Fitri atau Lebaran membuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia makin kuat, baik yang tinggal di tanah air maupun mereka di luar negeri seperti di Belanda.

Hal itu disampaikan Dubes JE Habibie dalam orasinya pada acara halal bihalal digelar di Wisma Duta, Rabu. Ia menyebutkan landasan Negara Pancasila mampu mempersatukan bangsa dimanapun berada, tidak memandang suku, agama, ras dan golongan.

Presedium PPI Belanda Amaltia Gunawan dalam keterangannya kepada ANTARA di Jakarta mengatakan Dubes yang akrab disapa Fani ini berharap persatuan akan lebih kuat.

Dubes mengatakan dengan adanya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, permasalahan bangsa yang kompleks ini hanya bisa diselesaikan dengan persatuan dan kesatuan seluruh bangsa demi kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

Selain acara halal bilhalal dan saling bersalaman dengan Dubes Fani, warga juga dijamu dengan aneka masakan khas Lebaran, dari opor, ketupat, sambal goreng dan aneka masakan khas Lebaran berakhir hingga sore hari.

Menurut mahasiswa hydroinformatics di Delft, umat Islam di seluruh penjuru dunia merayakan Idul Fitri pada Rabu meskipun sebagian umat Islam ada yang sudah merayakannya pada Selasa, 30 September.

Perayaan Idul Fitri di Belanda diadakan pada Rabu sama seperti yang dirayakan umat muslim di Indonesia.

Dikatakannya Muslim Indonesia di Belanda melakukan sholat Idul Fitri di masjid Al-Hikmah yang terletak di Heeswijkplein 170-171, 2531 HK Den Haag. Selesai sholat Id berjamaah, khotbah Id dibawakan khotib K.H. Essam Mokhtar Attabrani mengambil tema Puasa Jadikan Manusia Arif dan Bijaksana.

Seusai melaksanakan sholat Id di masjid Al-Hikmah, umat Islam di Belanda mengunjungi Wisma Duta di Kerkeboslaan 2 Wassenaar untuk melaksanakan halal bilhalal dan makan bersama Duta Besar Luar Biasa Indonesia untuk Kerajaan Belanda J.E. Habibie dan warga Indonesia di Belanda lainnya, kata Gunawan.***1*** -ZG.(T.H-ZG/B/E001/E001) 03-10-2008 01:17:36

Tidak ada komentar: