Sabtu, 31 Juli 2010

DHARMASISWA ITALIA

PESERTA DHARMASISWA ITALIA MENUNTUT ILMU DI INDONESIA

London, 31/7 (ANTARA) - Peserta beasiswa Darmasiswa Pemerintah Indonesia dari Italia memanfaatkan acara pelepasan peserta yang dirangkaikan dengan reuni alumni Darmasiswa, guna berinteraksi dan menimba pengalaman dari para senior menjelang keberangkatan mereka ke Indonesia awal Agustus.

Acara digelar di Wisma Indonesia, Roma. Peserta Darmasiswa tahun ajaran 2010-2011 akan mengikuti program bahasa, seni dan budaya Indonesia di berbagai perguruan tinggi.

Perguruan tinggi dimaksud seperti Unpad Bandung, UNS Surakarta, Unmuh Surabaya, STSI Padang Panjang dan UNJ Jakarta, ujar "Counsellor" Pensosbud KBRI Roma, Musurifun Lajawa dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Sabtu.

Ia menjelaskan, sebagian besar peserta yang berjumlah sembilan orang ada yang sudah akrab dengan kebudayaan Indonesia, khususnya musik tradisional gamelan dan Bahasa Indonesia.

Mewakili alumni, Claudio Cozzaolino, yang belajar di Universitas Indonesia tahun 1997-1998 mengatakan, untuk mempercepat penguasaan bahasa dan pemahaman kebudayaan Indonesia peserta perlu menjalin pergaulan dan persahabatan yang luas dengan mahasiswa di kampus dan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Pada awalnya, memang terasa sulit karena kesalahan komunikasi, tetapi masyarakat Indonesia yang ramah dan bersahabat akan banyak membantu proses penguasaan keterampilan bahasa dan adaptasi budaya di Indonesia, ujar Cozzalino.
Sementara itu, Dubes RI untuk Italia, Mohamad Oemar menjelaskan, perdamaian dunia yang langgeng tidak dapat dibangun di atas pilar kerja sama ekonomi, politik dan keamanan saja, tetapi juga perlu landasan hubungan persahabatan antarwarga atau "people to people" yang kokoh.

Beasiswa Darmasiswa dari Pemerintah Indonesia yang tahun ini diberikan kepada 750 peserta di seluruh dunia, dimaksudkan untuk memperkenalkan secara utuh keharmonisan antara pluralitas tradisi, budaya dan agama dengan modernitas dan demokrasi di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Dubes Oemar membekali peserta dengan berbagai perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya selama masa era reformasi dalam 10 tahun terakhir yang melahirkan Indonesia Baru, yang dikenal sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan anggota G20.

Dubes berharap sekembalinya dari Indonesia para peserta membagi pengetahuan, keterampilan serta pengalaman dengan masyarakat Italia guna membantu memperkuat hubungan persahabatan Indonesia-Italia, yang akan mendorong kerja sama bilateral yang lebih luas.
Untuk memfasilitasi peserta dan alumni Darmasiswa di Italia dalam menjalin komunikasi dan membangun jejaring kerja ("networking") sesama alumni dan dengan sahabat mereka di Indonesia, KBRI Roma meluncurkan situs jejaring sosial, "Blog Kampung Darmasiswa" darmasiswaindonesia.wordpress. com.

Blog Damasiswa Italia yang dihubungkan pada laman KBRI Roma (embassyofindonesia.it) berisi informasi seputar Darmasiswa, termasuk ruang interaksi, kegiatan alumni, dan lowongan kerja. ***4*** (U-ZG)

(T.H-ZG/B/C004/C004) 31-07-2010 07:33:25

Tidak ada komentar: