PALAPA NETWORK GELAR
PAMERAN PRODUK KREATIF INDONESIA DI LONDON
London, 5/10
(ANTARA) - Sebanyak 30 produk kreatif yang diseleksi dari berbagai
wilayah Indonesia digelar dalam acara Palapa Network Exhibition yang
diadakan di Bargehouse, OXO Tower Wharf, London yang merupakan pusat
industri kreatif di London dan juga salah satu landmark ibukota
Inggris.
Acara yang
bertujuan memajukan industri kreatif Indonesia ini merupakan gagasan
dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di UK (PPI UK), demikian Ketua PPI
UK Haikal Bekti Anggoro kepada Antara London, Sabtu.
Dikatakan,
mulai dari seleksi hingga pameran, dilakukan pelajar Indonesia, baik
di UK maupun di tanah air.
Produk-produk
yang dipamerkan adalah produk kreatif yang memiliki unsur seni dan
budaya Indonesia, namun dapat diterima dan mampu dipasarkan di
Inggris maupun negara-negara lainnya.
Untuk
memastikan hal tersebut, panitia memiliki 15 kurator internasional
yang menseleksi ratusan produk yang mendaftar. Para kurator tersebut
tersebar dari Amerika Serikat, United Kingdom, Jepang, dan Indonesia.
Pameran
berlangsung selama tiga hari dari 4 sampai 6 Oktober dibuka Deputy
Chief of Mission KBRI London, Harry R.J. Kandou yang menyebutkan
Palapa Network Exhibition merupakan perwujudan dari tiga unsur
penting Indonesia, "Creative economy, entrepreneurship, and
Indonesian cultural heritage."
Ketua Palapa
Network 2013, Albert Arron Pramono menyampaikan pameran ini merupakan
ajang bagi Indonesia untuk mempertunjukkan bahwa Indonesia memiliki
produk-produk kreatif yang berkualitas internasional.
Dikatakannya
sudah saatnya industri kreatif ini menjadi salah satu sektor unggulan
ekonomi Indonesia. Sumbangsih ekonomi kreatif pada GDP Indonesia saat
ini ada pada kisaran tujuh persen.
Di samping
pameran produk, di Bargehouse ini juga terdapat pemutaran video-video
kekayaan Indonesia, salah satunya dari Epic Java, serta juga terdapat
workshop membatik serta membuat wayang.
Keterlibatan
Bank Negara Indonesia cabang London sebagai sponsor diharapkan mampu
mempermudah para peminat produk kreatif Indonesia ini untuk melakukan
transaksi ke Indonesia.
Selain itu,
Lancaster University yang merupakan sponsor utama lainnya juga
membantu meningkatkan kemampuan para entrepreneur muda Indonesia yang
hadir di acara ini. Lancaster University akan memberikan pelatihan
UKM kepada 20 wirausahawan muda yang hadir pada pameran pada Sabtu.
Pameran masih
akan berlangsung selama dua hari, dan selama akhir pekan ini jumlah
pengunjung diprediksi akan bertambah pesat agar industri kreatif
Indonesia dapat semakin dikenal di pasar internasional.***3***
(T.H-ZG/B/S.
Suryatie/S. Suryatie) 05-10-2013 16:45:08
Tidak ada komentar:
Posting Komentar