Rabu, 28 Mei 2014

CANNES


50 FILM INDONESIA DIPROMOSIKAN DI MARCHE DU FILM CANNES

         Cannes, Perancis, 14/5 (Antara) - Sebanyak 50 film Indonesia dipromosikan di lapak "Indonesian Cinema" di Marche Du Film pada Festival Film Cannes ke-67 yang berlangsung di kota Cennes, Perancis tanggal 14-23 Mei.

        "Marché du Film adalah pasar film terbesar di dunia yang merupakan bagian dari program Cannes Film Festival," kata Kasubdit Festival dan Eksibisi Film, Direktorat Pengembangan Industri Perfilman Kemparekraf RI Molly Prabawaty kepada Antara London, Rabu.

        Film yang dipromosikan antara lain Sang Kiai, The Raid dan juga 99 Cahaya Langit Eropa yang diangkat dari novel  Hanum Salsabiela Rais serta film Jalanan karya sutradara Daniel Ziv yang meraih  Film Dokumenter Terbaik di Busan International Film Festival (BIFF) 2013.

        Selain melakukan promosi di pasar film Cannes, delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu juga akan menyelenggarakan Cocktail Party yang  dihadiri  sekitar 150 undangan termasuk Konjen RI, insan film dan media internasional serta dimeriahkan pertunjukan kesenian Indonesia.

        Setiap tahunnya sekitar 10.000 pebisnis film dan  produser film dari seluruh dunia bertemu di pasar film Marché du Film di Festival Film Cannes yang merupakan festival film paling bergengsi yang diselenggarakan sejak tahun 1946.

        Selama penyelenggaraan festival film Cannes, film  Indonesia Tjoet Nja' Dhien pernah  mendapat penghargaan "Best International Film" pada tahun 1989.

        Selain itu, film Daun Di Atas Bantal juga pernah diputar dalam sesi "Un Certain Regard" dalam Festival Film Cannes tahun 1998 dan film Kara, Anak Sebatang Pohon diputar di Quinzaine des Realisateurs- Cannes International Film Festival 2005.

        Tahun 2013 film Indonesia Rectoverso berpartisipasi dalam Antipoedes, Cannes Cinephile, European Premiere dan film Sang Penari dalam kategori Competition Cannes Senior.

        Cannes Cinephile merupakan Festival yang mempunyai relasi erat dengan Cannes Film Festival dimana para tamu Festival Film Cannes yang terdaftar serta masyarakat Kota Cannes dapat menghadiri Cannes Cinéphiles.

        Dalam mempromosikan film Indonesia di Cannes Direktorat Pengembangan Industri Perfilman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan katalog Film Indonesia 2013-2014, katalog Shooting in Indonesia, DVD Film-Film Indonesia ditambah kompilasi trailer film, "Flash Disc" yang berisi Katalog Film dan Shooting in Indonesia serta "Goodie Bag".(T.H-ZG/C/A. Novarina/A. Novarina) 14-05-2014 16:12:28

Tidak ada komentar: