Minggu, 11 Mei 2014

KUTAI


KUTAI JALIN KERJASAMA DENGAN CAMBRIDGE TINGKATKAN SDM
     Zeynita Gibbons

    Cambridge, 7/5 (Antara) - Pemerintah daerah Kutai Kartanegera menjalin kerjasama dengan Cambridge Univrsity dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah agar dapat bersaing dengan dunia luar.

         Hal itu diungkapkan Bupati Kutai Rita Widyasari kepada Antara London, Selasa siang sehubungan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kutai dengan salah satu lembaga pendidikan di Cambridge, Inggris.

         Penandatangan Mou yang disaksikan Wakil Dubes RI di London, Harry Kandau dan Atase Pendidikan KBRI London, Fauzi Soelaiman merupakan yang pertama kali dilakukan Pemerintah Daerah dengan Lembaga sekelas Cambridge di Indonesia.

         Secara terpisah Atase Pendidikan KBRI London, Fauzi Soelaiman mengatakan KBRI menyambut gembira dengan adanya kerjasama Pemerintah daerah Kutai Kartanegara dengan Lembaga pendidikan di Cambridge.

         Diakuinya jalinan kerjasama antara pemerintah RI dan UK sudah cukup banyak dan bertambah dengan  adanya kerjasama pertama kalinya antara pemerintah daerah di Indonesia khususnya Kutai Kartanegara dengan Cambridge.

         "Kami harapkan akan lebih banyak kerjasama Pemerintah Kutai Kartanegara dengan institusi di Inggris dan juga Cambridge dengan pemerintah lokal dan institusi di Indonesia," ujarnya.

          Sementara itu Bupati Rita Widyasari mengakui ingin membuat perubahan dalam dunia pendidikan di Kutai Kartanegara dengan menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan terbaik di dunia yang ada di Cambridge.

         Dikatakannya kerjasama yang akan berlangsung selama lima tahun pihak Cambridge University Press akan membantu membuat modul pengajaran bahasa Inggris selain untuk murid tetapi juga guru yang disesuaikan dengan lokal kontain.

         Menurut Rita Widyasari, pihaknya tidak sekedar membeli buku tetapi dengan adanya kerjasama dengan Cambridge University Press, pemerintah daerah Kutai Kartanegara akan dapat meningkatkan sumber daya manusia.

        Selain itu dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan dapat  mempengaruhi masyarakat di Kutai khususnya generasi untuk meningkatkan pengetahuan dan juga mengubah cara pikir mereka, ujarnya.

         Rita Widyasari mengatakan Pemerintah daerah Kutai Kartanegara akan mengirimkan sebanyak lima lulusan SMA untuk belajar di Cambridge setiap tahunnya dan juga guru serta dosen, sebaliknya pihak Cambridge akan datang untuk membantu pengajaran di Kutai.

         Dikatakannya dengan investasi di bidang sumber daya manusia, maka Kutai Kartanegara diharapkan mampu bersaing dan tidak akan lagi bergantung dengan kekayaan alam yang dimiliki Kutai Kartanegara yang kaya akan sumber alamnya.

        "Kami ingin memberikan yang terbaik untuk generasi penerus dengan memperbaiki infrastruktur yang ada menyiapkan laboratorium bahasa dan informasi teknologi serta  menyediakan jurnal," ujarnya menambahkan Universitas Kutai Kartanegara dapat  mengakses koleksi jurnal Universitas Cambridge.

        Selama di Cambridge, Rita Widyasari beserta rombongan juga mengunjungi Judge Business School, Cambridge University dan mendapat penjelasan tentang small business and entrepreneurialism dari Peter Hiscocks.

        Rita Widyasari mengaku ingin mengembangkan jiwa "interpreneship" di kalangan generasi muda di Kutai Kartanegara dengan mendapatkan informasi langsung dari sekolah bisnis terbaik di Inggris.

        Program kerjasama yang akan berlangsung selama lima tahun Pemerintah daerah Kutai Kartanegara menyiapkan dana sebesar 25 miliar selama lima tahun. Rita Widyasari menjamin program akan terus berlangsung meskipun tidak lagi menjadi bupati. ***3***
(ZG)

(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 07-05-2014 10:46:14

Tidak ada komentar: