Minggu, 11 Mei 2014

KBRI BERN


MAHASISWA INDONESIA JUARA FESTIVAL KEBUDAYAAN LES ROCHES

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 1/5 (Antara) - Tim Mahasiswa Indonesia keluar sebagai juara umum Festival Kebudayaan Les Roches dalam acara malam budaya internasional yang digelar kampus Sekolah Manajemen Hotel Internasional/International School of Hotel Management, Les Roches, Swiss.

         Kelompok mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di perguruan tersebut berhasil menyabet juara satu Penampilan Kebudayaan (First Place Performance), juara satu Dekorasi (First Place Decoration), dan juara satu Stan Makanan (First Place Food Stand), demikian Sekretaris Pertama KBRI Bern, Oktavia Maludin kepada Antara London, Kamis.

         Di hadapan sekitar 500 undangan, tim mahasiswa Indonesia yang membawakan Tari Saman, Yamko Rambe Yamko dan Tari Piring, berhasil memukau mereka.

         Menurut Oktavia Maludin, ketiga tarian tersebut menjadi juara umum berdasarkan pilihan penonton.

         Persembahan tari yang energik dengan balutan busana tradisional Indonesia menambah decak kagum para penonton, ujarnya.

         Mahasiswi Les Roschesn Shindi Hadinata, mengatakan tidak sia-sia para mahasiswa berlatih intensif selama empat bulan untuk dapat membawakan ketiga tarian tersebut.

         Dekorasi hand made, yang dibuat dari bahan-bahan seperti kertas, kayu, serta tambahan barang-barang dekorasi khas Indonesia yang dipinjam dari KBRI Bern memadati stan Indonesia, yang juga memenangkan juara pertama kategori Decoration.

         Menurut Oktavia Maludin, yang cukup mengejutkan, makanan ala mahasiswa yang disuguhkan pada festival tersebut, seperti ayam kecap, bakwan, dan terong balado, juga memenangkan juara pertama kategori food stand, demikian Julian, salah seorang tim dapur Indonesia.

         Cita rasa kuliner dan seni budaya Indonesia memang semakin banyak mendapat penghargaan internasional. Tidak hanya oleh masyarakat Swiss tetapi juga oleh tim juri, yang terdiri dari warga asal Rusia.

         Malam budaya yang diselenggarakan di aula gedung Le Regent, Crans Montana, dihadiri seluruh mahasiswa, dosen sekolah perhotelan Les Roches serta kalangan diplomatik. ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 01-05-2014 07:10:26

Tidak ada komentar: