Rabu, 28 Mei 2014

NEWCASTLE


PPI NEWCASTLE GELAR "A NIGHT IN INDONESIA"

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 16/5 (Antara) - Perhimpunan Pelajar Indonesia di New Castle menggelar malam kesenian bertajuk "A Night in Indonesia" yang menjadi acara puncak dari serangkaian kegiatan terbesar PPI Newcastle bertajuk Discover Indonesia.

         Discover Indonesia dibuka dengan penyelenggaraan bazaar selama dua hari di Newcastle University, diwarnai sajian budaya Indonesia seperti games tradisional, makanan dan kerajinan tangan khas Nusantara beserta workshop batik dan saman.

         Stella Sunarja, panitia "A Nigh in Indonesia," kepada Antara London, Jumat, mengatakan, tempat yang strategis menjadikan bazaar itu dihadiri banyak pengunjung dari kalangan umur dan negara asal yang berbeda.

         Salah satu yang membuat bazaar ini menarik adalah adanya tokoh Gatot Kaca, Lesmana dan Srikandi yang berkeliling di area bazaar. Para pengunjung juga terlihat antusias mencoba pakaian tradisional Indonesia di area photo booth.

         Antusiasme masyarakat Newcastle terbukti dengan penuhnya kursi penonton pada acara "A Night in Indonesia". Konsep dari pertunjukan adalah menampilkan tarian dan lagu dari setiap pulau besar di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali dan Papua.

         Penonton yang datang disambut dengan keindahan alam Pulau Jawa yang dibentuk menjadi film pendek berjudul Epic Java. Pertunjukan  dimulai dengan dimainkannya lagu Indonesia Raya, penonton dipersilakan berdiri sebagai tanda hormat.

         Penampilan yang disuguhkan di antaranya Tari Papua, Tari Betawi, Tari Topeng, Angklung, Tari Gending Sriwijaya, Tari Singgeh Pengunted, Tari Saman, Tari Kalimantan dan ditutup dengan Tari Poco-poco yang diikuti semua panitia Discover Indonesia. Penari yang diundang pada acara ini bukan hanya dari New Castle tetapi juga datang dari Sunderland, Durham dan Leeds.

         Acara yang dihadiri Atase Pendidikan dari KBRI London, T.A Fauzi Soelaiman berhasil memukau hadirin yang datang. Beberapa orang bahkan berkata bahwa setelah menonton acara "A Night in Indonesia", mereka mempunyai keinginan untuk berkunjung ke Indonesia. ***2***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 16-05-2014 09:54:48


D0160514000618  16-MAY-14  SBH  JKT

Tidak ada komentar: