Senin, 28 Desember 2015

BERLIN

DIASPORA BERPERAN AKTIF WUJUDKAN EKONOMI INDONESIA

     Zeynita Gibbons

    London, 17/12 (Antara) - Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman, Dr. Ing. Fauzi Bowo mengatakan sudah saatnya Diaspora Indonesia berperan lebih aktif dan mencari terobosan bagi perekonomian agar proyeksi Indonesia sebagai ekonomi ke-7 di dunia pada tahun 2030 dapat terwujud.
    Hal itu disampaikan Dubes Fauzi Bowo kepada Diaspora Indonesia di Jerman dalam acara Forum Diaspora Indonesia (FDI) ke-3 yang diadakan di Auditorium Friedrichstrasse, Berlin, Jerman.

         Pelaksana Fungsi Penerangan KBRI Berlin, Fattah Hardiwinangun kepada Antara London, Kamis, mengatakan Forum Diaspora Indonesia ke-3 diadakan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4), KBRI Berlin, Bank BNI dan Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia (IASI)-Jerman di Berlin.

         Lebih lanjut Dubes Fauzi Bowo menyampaikan guna mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia diperlukan kewirausahaan (entrepreneurship), baik di dalam maupun di luar negeri.

         Sementara itu Ketua Umum I4 dan perwakilan Bank BNI di Belanda Dessy Irawati-Rutten, PhD menyampaikan  peran Diaspora Indonesia di Jerman dan Eropa yang memberikan kontribusi signifikan untuk pembangunan ekonomi dan ilmu pengetahuan di Indonesia.

         Pembicara lain dalam Forum ini Christian Hainsch, Managing Partner Indoconsult yang menyampaiikan dalam hal "entrepreneurship", Indonesia membutuhkan ide ide baru dan tidak hanya "copy paste".

         Selain itu, Hainsch menganjurkan entrepreneuer Diaspora yang ingin mendirikan perusahaan di Indonesia untuk selalu mengikuti prosedur dan peraturan yang berlaku agar tidak menemui masalah.

         Forum Diaspora Indonesia ke-3 juga diramaikan dengan beberapa kegiatan lainnya, antara lain "Workshop" dan "Talkshow" seputar tema entrepreneurship, bazaar dan pertunjukan kesenian.

         Acara ini dihadiri lebih dari 200 orang, terdiri dari para Diaspora Indonesia di Jerman, mahasiswa Indonesia, entrepreneur Indonesia, dan perwakilan organisasi masyarakat Indonesia di Jerman. Presiden Indonesian Diaspora Network Global, Ebed Litaay juga hadir pada acara ini.

    ***3*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 17-12-2015 15:01:34

Tidak ada komentar: