Selasa, 15 Desember 2015

SPANYOL

SPANYOL KAGUMI KEBERAGAMAN DESTINASI PARIWISATA INDONESIA
     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 7/12 (Antara) - Menteri Negara Pariwisata Spanyol Isabel Maria Borrego Cortés menyatakan kekagumannya terhadap keragaman dan keindahan destinasi pariwisata yang dimiliki Indonesia.

         Pernyataan itu disampaikan kepada Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya yang mengadakan kunjungan kerja ke Spanyol tanggal 3-5 Desember lalu, demikian keterangan KBRI Madrid yang diterima Antara London, Senin.

         Dalam pertemuan itu Menteri Arief Yahya didampingi Dubes RI Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana, Staf Khusus bidang Komunikasi, M. Noer Sadono, dan Asdep Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Noviendi Makalam.

         Dalam pertemuan yang berlangsung di Kementerian Negara Pariwisata Spanyol itu, Menteri Negara Pariwisata Spanyol didampingi  Direktur Kerja Sama dan Kompetisi Pariwisata, Isabel Alonso Piñar.

         Pertemuan berlangsung hangat dan akrab, Menteri Isabel Maria Borrego Costes mengawali pertemuan dengan menyatakan kekagumannya terhadap keragaman dan keindahan destinasi pariwisata Indonesia.

         Dalam kesempatan itu Menteri Arief Yahya menyampaikan tentang target Pemerintah RI untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara, dari 10 juta menjadi 20 juta pada 2019, kebijakan dan strategi untuk mencapainya.

         Selain itu Indonesia ingin belajar dari Spanyol yang berhasil menarik wisatawan mancanegara dalam jumlah besar, yakni 67 juta orang per tahun sehingga industri pariwisata menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

         Menteri Isabel Borrego menyatakan dukungan penuh Spanyol terhadap target yang ditetapkan Pemerintah Indonesia dan menawarkan kerja sama untuk pencapaiannya.

         Mengenai kemajuan industri pariwisata Spanyol, Menteri Isabel menyampaikan kebijakan Pemerintah Spanyol dalam mempromosikan pariwisata difokuskan pada peningkatan kapasitas infrastruktur untuk memberi akses bagi turis disable dan digital tourism serta smart destination.

         Terkait dengan kemajuan industri pariwisata Spanyol, Menteri Arief Yahya mengusulkan kerja sama peningkatan kapasitas SDM kepariwisataan program magang di Spanyol bagi alumi Sekolah Tinggi Pariwisata Kementerian Pariwisata RI (STP Bandung, STP Bali, Akademi Pariwisata Medan, Akademi Pariwisata Makassar).

         Menteri Arief Yahya menyampaikan peluang investasi pembangunan dan pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di luar Bali (Beyond Bali Destinations).

         Terkait dengan digital marketing dan smart destination Menteri Arief Yahya menawarkan kerja sama pembangunan program big data yang dilaksanakan di Indonesia, yang disambut positif Menteri Maria Cortes.

         Menteri Arief Yahya mengundang mitranya berkunjung ke Indonesia dan ditanggapi positif oleh Menteri Isabel yang menyatakan tertarik pada peluang investasi sektor pariwisata maritim di Indonesia. (ZG) ***1***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 07-12-2015 05:09:32

Tidak ada komentar: