Selasa, 15 Desember 2015

MEKSIKO

TABASCO MEKSIKO AJAK ITB KERJA SAMA BISNIS

     Oleh Zenita Gibbon
        London, 5/12 (Antara) - Terpukau akan kehebatan riset dan teknologi yang dilakukan Institut Teknologi Bandung, universitas di Meksiko Universidad Juárez Autónoma de Tabasco (UJAT) mengajak ITB untuk mengembangkan kerja sama bidang bisnis.

              Ajakan tersebut disampaikan  dalam seminar kerja sama internasional bertema  "Revitalization of Mature Fields with Microorganisms: the Experience of Indonesia", yang diadakan  di Villahermosa, Tabasco, Meksiko,  kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Sabtu.

              Dikatakan Universidad Juárez Autónoma de Tabasco (UJAT) Meksiko mengundang lima dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Hasian P. Septoratno Siregar, DEA, untuk menjadi pembicara dalam seminar International Joint Research.

              Dubes RI untuk Meksiko, Yusra Khan, mengapresiasi komitmen UJAT dalam mengimplementasikan kerjasama antar perguruan tinggi kedua negara dan menyambut baik penyelenggaraan seminar utamanya yang terkait dengan energi sebagai isu utama bagi kedua negara.

              Diharapkan melalui Seminar, UJAT dan ITB dapat menggali peluang lebih jauh untuk melakukan kerjasama riset  melibatkan pemerintah dan masyarakat setempat. Dubes menghimbau kedua perguruan tinggi dapat mengidentifikasi program/proyek baru yang menguntungkan bagi kedua pihak dan juga untuk Indonesia dan Meksiko
        Pada kesempatan yang sama, Rektor UJAT menyampaikan apresiasi tinggi atas kehadiran delegasi Indonesia yaitu ITB  dan fasilitasi dari KBRI Mexico City. Dikatakannya  pengetahuan yang dibagi delegasi Indonesia akan  memberikan manfaat yang besar tidak hanya untuk Meksiko tetapi juga kawasan Amerika Tengah dan Amerika Latin.

               UJAT mengharapkan  transfer teknologi dengan ITB untuk mereaktivasi sumur minyak yang tidak aktif di Tabasco, dengan tujuan meningkatkan produksi minyak dan gas yang menjadi prioritas Tabasco. UJAT juga menawarkan knowledge and technology sharing antara lain untuk meningkatkan peningkatan ternak sapi di Indonesia.

             Seminar dihadiri Direktur Divisi Akademik Ilmu Biologi UJAT, Dr. Rosa Martha Padrón López; dan Direktur Jenderal Energi dari Kementerian Energi dan Perlindungan Lingkungan bagi Sumber Daya Alam Negara Bagian Tabasco, Carlos Reyes Abreu, civitas akademika dan universitas lain di Tabasco serta wakil perusahaan swasta di bidang petroleum di Tabasco.

             Para pembicara dalam seminar  berlangsung selama empat hari ini, Prof. Dr. Ir. Hasian P. Septoratno Siregar, DEA bersama dengan Sri Harjati Suhardi, PhD (Sekolah Tinggi Ilmu Hayati); Dr. Leksono Mucharam (Teknik Perminyakan); Zulfadli Zein, S.T.; dan Jackson Andreas Theo Pola, S.T., M.T.

            Seminar bersama  UJAT dan ITB merupakan wujud konkrit terlaksananya kesepakatan kerjasama kedua perguruan tinggi yang ditandatangani tahun 2014 dan tindak lanjut seminar riset bersama yang diadakan  Agustus 2015 lalu di UJAT.

            Seminar merupakan langkah penting membuka peluang peningkatan kerjasama di bidang yang lebih luas antara Indonesia dan Meksiko itu dihadiri wakil institusi pemerintah dan pengusaha di bidang energi/perminyakan Tabasco menunjukkan besarnya minat Tabasco untuk mengembangkan kerjasama bisnis dengan Indonesia.

    ***4***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 05-12-2015 07:39:05

Tidak ada komentar: