Selasa, 28 Maret 2017

AUSTRIA

INDONESIA RAIH PERUNGGU DI SPECIAL OLYMPICS WORLD WINTER GAMES DI AUSTRIA
     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 25/3 (Antara) - Indonesia berhasil memenangkan medali perunggu untuk cabang olahraga Bola Lantai (Floorball) setelah  mengalahkan Namibia (1-0) pada  Kamis lalu dalam pertandingan Special Olympics World Winter Games 2017 yang berlangsung  di kota Graz, Austria, 14 - 25 Maret 2017.
         Kontingen Indonesia berjumlah 12 orang pada Special Olympics World Winter Games 2017, kata sekretaris Ketiga Fungsi Protokol dan Konsuler - KBRI Wina, Yudanto Wibowo kepada Antara London, Sabtu.
         Special Olympics World Winter Games merupakan salah satu kompetisi olah raga kelas dunia yang ditujukan khusus bagi atlet Penyandang Disabilitas Intelektual (Persons With Intellectual Disabilities).
         Kegiatan ini diadakan setiap dua tahun sekali dan dikuti lebih dari seratus negara di dunia. Austria pertama kali menjadi tuan rumah kompetisi tahun 1993.
         Tahun ini Special Olympics World Winter Games digelar di Austria dengan melibatkan 2700 atlet dari 107 negara dan disiarkan secara langsung ke seluruh dunia melalui kanal olahraga ESPN.
         Di samping Floorball, cabang olah raga lain yang dipertandingkan adalah Alpine Skiing, Cross Country Skiing, Figure Skating, Floor Hockey, Snowboarding, Snowshoeing, Short Track Speed Skating, dan Stick Shooting.
          Meskipun kompetisi olahraga sejenis ini tergolong jarang di Indonesia, namun prestasi yang dicapai kontingen Indonesia tidak kalah dengan atlet dari negara lain yang lebih dulu bergabung dalam Special Olympics World Winter Games.    
    Apresiasi pun mengalir tidak hanya dari negara-negara peserta, namun juga masyarakat Indonesia di Austria, khususnya yang bermukim di kota Graz.
         Sejumlah masyarakat Indonesia hadir di tiap pertandingan untuk memberikan dukungan moral kepada atlet-atlet asal Indonesia. Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia pun aktif memberikan berbagai bantuan dan informasi yang dibutuhkan sejak ketibaan tim di kota tersebut.
    
Kunjungan
    Kuasa Usaha Ad Interim KBRI/PTRI Wina, Febrian A Ruddyard, didampingi Sekretaris Ketiga Fungsi Protokol dan Konsuler, Yudanto Wibowo,  mengunjungi tim di Graz sekaligus menghadiri acara resmi penutupan Special Olympics World Winter Games 2017 di stadion Merkur-Arena.   
    Dalam kesempatan ramah tamah, Febrian menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota tim atas keberhasilan kontingen Indonesia, sekaligus apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang hadir dalam acara tersebut atas partisipasi mereka dalam mendukung kontingen Indonesia.
         Febrian juga menyampaikan harapan agar partisipasi Indonesia dalam event ini dapat terus dipertahankan dan bahkan dapat ditingkatkan dari waktu-waktu.
         Kehadiran kontingen Indonesia dalam Special Olympics World Winter Games 2017 merupakan bagian dari wujud kepedulian masyarakat dan pemerintah Indonesia terhadap pembinaan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual.     
    Pelatihan atlet-atlet Penyandang Disabilitas Intelektual di Indonesia selama ini dilakukan oleh Special Olympics Indonesia (SOIna), organisasi nirlaba yang memperoleh skreditasi dari Special Olympics International untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi Penyandang Disabilitas Intelektual. Special Olympics World Winter Games berikutnya dijadwalkan berlangsung pada 2019 di Abu Dhabi.***4***
(ZG)T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 25-03-2017 20:03:22

Tidak ada komentar: