Sabtu, 16 Maret 2019

Belanda

Jokowi merasakan aura cinta WNI di Eropa

The final spritzer


Calon Presiden (Capres) Joko Widodo menyampaikan penghargaannya kepada warga Indonesia (WNI) yang datang dari berbagai negara di Eropa yang mengikuti acara temu akbar yang disebut Eropa Tetap Jokowi (ETJ) di Belanda yang diadakan di Grand Slam, Event Plaza, Rijswijk, Belanda, Minggu.

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Temu Akbar Relawan se-Eropa, 
Latif Gau kepada Antara  London, Senin, mengatakan, acara temu akbar  dihadiri sekitar 1.200 relawan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dimotori dan Diaspora Indonesia yang tinggal di 20 negara di Eropa.

Jokowi berpesan agar warga Indonesia di Eropa menyatukan langkah dan menjaga persatuan untuk Indonesia yang lebih baik dan juga minta agar relawan dimana pun dapat menyebarkan optimisme.

Pada kesempatan itu Joko Widodo pun menyebutkan satu persatu nama negara dimana warga Indonesia yang datang mengikuti acara temu akbar yang tinggal di berbagai negara di Eropa untuk menyatukan langkah menuju Indonesia yang lebih baik.

"Saya dengar ada yang dari Belgia, Jerman, Perancis, Swiss, Swedia, Norwegia, Denmark, Inggris, Italia, Austria,, Yunani, dan tentunya dari Belanda," ujar Jokowi yang mendapat sambutan riuh dari para relawan.

"Saya senang sekali dapat kabar bahwa bapak, ibu dan saudara semuanya yang tinggal di berbagai negara di benua Eropa dapat berkumpul di Belanda hari ini guna menyatukan langkah untuk Indonesia maju dan Indonesia lebih baik," katanya.

"Saudara semua saat ini jauh dari nusantara tapi sangat cinta yang dipancarkan untuk Indonesia yang saya rasakan sangat kuat oleh saya di sini di Tanah Air. Rasa cinta yang menyala memancarkan aura yang positif. Saudara patut berbangga mempunyai rasa cinta sedalam itu pada negara dan bangsa Indonesia," kata Jokowi lagi.

Untuk itu, ia pun berpesan agar relawan dapat menyebarkan fakta yang membukakan mata dan menghindari kemarahan.

"Sebarkan optimisme yang memberikan semangat pada jiwa kita semua. Saudara tidak saja berjuang untuk kemenangan Jokowi-Amin tapi  berjuang menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang besar," kata Jokowi dan mengucapkan selamat berjuang kepada seluruh relawan.

Sebelumnya Luhut Binsar Pandjaitan melaui teleconferene menyampaikan tentang Capres 01 yang disebutnya sangat sederhana, dari rakyat biasa dan anggota keluarganya tidak berbisnis hanya menjadi pedagang martabak dan pisang goreng.

Luhut juga menyampaikan tentang banyaknya hujatan dan hoaks yang dialamatkan ke Jokowi selama ini.

Dalam temu akbar itu juga digelar talkshow yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama disampaikan paparan oleh anggota DPR, Juru Bicara TKN, Budiman Sujatmiko, Andy Widjajanto dan Laksamana TNI (Purn) Marsetio.

Sementara pada Talkshow sesi kedua tampil sebagai pembicara Okky Asokawati, caleg Partai Nasdem Dapil Jakarta 2, Tsamara Amany, Wakil Direktur Penggalangan Pemilih Muda TKN, Caleg PSI Dapil Jakarta 2, dan Ruhut Sitompul Jubir TKN dari Bravo 5.

Latif Gau mengatakan, ETJ merupakan kesatuan dari berbagai organisasi relawan seperti Bara JP (Barisan Relawan Jokowi Presiden), Bravo-5, GWJ (Gerakan Wadyabala Jokowi), Jaman (Jaringan Kemandirian Nasional), Pos Raya, Satu Indonesia, Teman Jokowi, dan berbagai organisasi relawan mandiri lainnya.

Dalam temu akbar bertema "Eropa Optimis Indonesia Lebih Baik Bersama Jokowi-Amin", juga digelar Parade Budaya Relawan Joko Widodo di Eropa yang menampilkan atraksi seni budaya dari perwakilan relawan masing-masing negara seperti dari Paris dan London serta musik band mahasiswa Indonesia di Belanda dan tari-tarian dari sanggar tari Indonesia di Belanda. 

Tidak ada komentar: