Jumat, 29 Maret 2019

PORTUGAL

PPI Portugal gelar pameran batik dan fotografi di Lisabon

 - 1136 Views
PPI Portugal  gelar pameran batik dan fotografi di Lisabon
perkenalkan batik
London (ANTARA) - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Portugal didukung KBRI Lisabon mengelar pameran Budaya Indonesia berupa pameran batik, fotografi, sajian kuliner, dan pertunjukan tari tradisional Indonesia yang bertema “Journey to the Tropical Culture”di Porto, Portugal.
Pensosbud KBRI Lisabon Andre Nurvily kepada Antara, Kamis mengatakan, khasanah budaya Indonesia yang luhur dan kaya itu berhasil menarik perhatian lebih dari dua ratus pelajar Portugis dan internasional yang ada di Lisabon, Portugal.
Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan alam yang sangat indah, dan keragaman suku budaya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Mahasiswa doktoral dari Mozambique,Amirah Adam, tertarik dengan salah satu warisan budaya Indonesia mengatakan kecantikan batik membuat ia terkesima.
Amirah dan teman kuliahnya memiliki keinginan untuk mempelajari proses pembuatan batik hingga menghasilkan motif, corak, dan warna yang menarik. Motif batik yang dipamerkan, antara lain cuwiri, gurda, parang, tambal, sulur delima, sido luhur, endek, mega mendung, dan truntum.
Sedangkan, Pascal Ignolin, pria Perancis berprofesi guru selancar, mengaku sangat merindukan Indonesia. Pascal pernah menjelajah Flores dan Larantuka, provinsi NTT dengan motor bebek. Kerinduan tersebut disampaikan Pascal setelah melihat hasil karya fotografi keindahan alam Indonesia dari para pelajar Indonesia yang dipamerkan.
Sementara itu kelezatan kuliner Indonesia menjadi buah bibir. “Maaf saya bolak-balik mengambil sate ayam” ujar Danilo dos Santos, mahasiswa dari Brazil, sambil mengekspresikan kenikmatan dalam menyantap setiap sajian makanan Indonesia. Kuliner yang disajikan dalam pameran, antara lain sate ayam, bakso, lumpia, tempe mendoan, lawar Bali, dan bakmi goreng.
Pameran ini juga menjadi wadah mahasiswa Portugis untuk mengenal beasiswa ke Indonesia, seperti beasiswa darmasiswa serta beasiswa seni dan budaya Indonesia.
Kesempatan beasiswa tersebut tidak disia-siakan dan beberapa pengunjung menyampaikan komitmen untuk sesegera mendaftar.




Tidak ada komentar: