Sabtu, 11 Oktober 2014

BATIK

London, 3/10 (Antara) - Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) turut memperingati Hari Batik tanggal 2 Oktober dengan dengan mengenakan kemeja dan busana batik ke kampus dan menggelar acara terkait lainnya serta menciptakan tagar #BritainGoesBatik.
 
        "Britain Goes Batik  diadakan berkaitan dengan peringatan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober. Walaupun berada jauh dari kampung halaman, antusiasme para pelajar Indonesia untuk memperingati hari batik nasional tidaklah surut," ujar Koordinator Informasi dan komunikasi, Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK), Gilang Nur Rahman kepada Antara London, Jumat.

        Beberapa kampus mengadakan acara khusus  seperti komunitas pelajar Indonesia di kota Sheffield yang mengelar  pertunjukkan  angklung bertajuk "Batik Goes to Sheffield" dan pameran kuliner  khas Indonesia.

        Para pelajar yang tergabung dalam  PPI UK juga menggelar lomba foto dan quiz melalui sosial media twitter untuk menyemarakkan peringatan Hari Batik Nasional.

        Gilang menyebut belasan foto kreatif telah masuk ke akun twitter @PPIUKOfficial dengan tagar "Britain Goes Batik".

        Selain itu  untuk meningkatkan pengenalan tentang budaya Indonesia, PPI UK mengadakan lomba foto "selfie" mengenakan batik setiap tanggal dua ditiap bulannya.

        Kampanye itu dilakukan agar pelajar Indonesia pada khususnya dan masyarakat lokal Inggris pada umumnya bisa lebih mengenal salah satu busana khas Indonesia itu.

        Di tahun-tahun berikutnya diharapkan tidak hanya batik yang bisa dikenal di Inggris raya melainkan pakaian adat seperti ulos, kebaya, songket juga bisa di kenal secara luas, demikian Gilang Nur Rahman. (ZG)


(T.H-ZG/B/A. Novarina/A. Novarina) 03-10-2014 21:01:45"

Tidak ada komentar: