Senin, 24 Agustus 2015

HUNGARIA

70TH RI - DUBES HUNGARIA PIMPIN KARNAVAL
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 19/8 (Antara) -   Duta besar RI untuk Hungaria Wening Esthyprobo memimpin karnaval "Merdeka Bike" yang diadakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 yang digelar KBRI Budapest.

         Kereta angin 12 pedal berhiaskan pernak-pernik karnaval bernuansa merah putih dikayuh secara bergantian oleh 18 staff KBRI Budapest yang mengenakan kostum daerah, kata Wening kepada Antara London, Selasa.

        Riuh rendah lagu-lagu perjuangan menyeruak di sore yang cerah di tengah kota Budapest.

        Kumandang  lagu-lagu perjuangan melalui seperti Berkibarlah Benderaku, Hari Merdeka, Halo-halo Bandung, dan lagu perjuangan lainnya juga dikumandangkan pada karnaval itu.

         Wening  menyatakan karnaval yang baru pertama kali dilakukan ini  untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Budapest dan ikut memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Hongaria.

        Arak-arakan dimulai dari depan KBRI Budapest, Jl Varosligeti Fasor menyusuri sepanjang Jalan Andrassy yang menjadi ikon kota Budapest yang merupakan salah satu warisan dunia.

        Di setiap lampu merah, staff KBRI yang mengenakan kostum daerah membagikan brosur pariwisata berbahasa Inggris dan bahasa setempat, serta cindera mata dari Indonesia, seperti gantungan kunci, kipas, dan magnet.

        Selain lagu-lagu, hiasan kereta angin mampu menyedot perhatian baik masyarakat setempat maupun turis mancanegara yang sedang memadati kota Budapest.

        "Merdeka Bike"  berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam ini berakhir di Heroes Square dimana telah menunggu masyarakat Indonesia yang menyambut dengan lagu-lagu daerah dan menutup acara dengan menari bersama diiringi lagu Gemu Fa Mi Re yang berasal dari Nusa Tenggara.

    ****4****
(T.H-ZG/B/Santoso/Santoso) 19-08-2015 05:57:28

Tidak ada komentar: