Senin, 24 Agustus 2015

SPANYOL

MENTERI PERDAGANGAN SPANYOL BAWA INVESTOR KE INDONESIA
     Oleh Zeynita Gibbons
   
    London, 22/8 (Antara) - Menteri Perdagangan Spanyol, Dr. Jaime Garcia Legaz  merencanakan berkunjung ke Indonesia pada September  2015 dengan membawa sejumlah besar delegasi yang terdiri dari kalangan bisnis infrasruktur dan perdagangan.

         Keterangan  Kedutaan Besar RI Spanyol yang diterima Antara di London, Satu menyebutkan, Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso engharapkan Mendag RI dan Mendag Spanyol akan membahas upaya peningkatan perdagangan RI dan Spanyol mengingat volume perdagangan kedua negara pada saat ini belum mencerminkan potensi kedua pihak, meskipun pada tahun 2014 ekspor Indonesia ke Spanyol tercatat naik 7,7 persen.

         Yuli mengatakan  rendahnya nilai perdagangan karena kinerja ekspor produk perikanan Indonesia ke Spanyol turun sekitar 33,3 persen.

         "Dapat dipahami menurunnya pasokan ikan dari Indonesia  tersebut antara lain karena program pemberantasan illegal fishing di Indonesia yang dilaksanakan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti," ujarnya.

         Penurunan pasokan ikan tersebut memperjelas situasi praktek illegal fishing oleh kapal/kapal ikan perusahaan asing di perairan Indonesia yang terjadi selama ini sangat merugikan kalangan pengusaha ikan dan nelayan Indonesia.

        Spanyol merupakan negara pengimpor produk hasil laut terbesar nomor dua di dunia. Negara ini menjadi pasar yang sangat  potensial karena Spanyol harus memenuhi kebutuhan konsumen 44 juta penduduk dan lebih dari 65 juta wisatawan asing per tahun.
****3******
(T.H-ZG/C/Santoso/Santoso) 22-08-2015 14:34:10

Tidak ada komentar: