Senin, 24 Agustus 2015

MEKSIKO

70TH RI - WARGA INDONESIA DI MEKSIKO RAYAKAN HUT RI
     Oleh Zeynita Gibons

   London, 21/8 (Antara) - Rasa bangga atas jati diri sebagai Warga Negara Indonesia mewarnai peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia yang  di KBRI di Mexico City.

        Sekitar 150 masyarakat Indonesia yang tinggal di Meksiko hadir mengikuti jalannya upacara, demikian Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI, Febby Fahrani kepada Antara London, Jumat.

        Secara hikmat, mereka mengikuti upacara yang berlangsung di halaman kantor KBRI Mexico City dan menghormat bendera Merah Putih yang dikibarkan Pasukan Pengibar Bendera KBRI Mexico City,            
    Upacara juga diikuti pelajar sekolah Escuela de la Republica de Indonesia di Tacuba dan Colegio Indonesia di Coacalco dan Konsul Kehormatan RI di negara bagian Guadalajara dan Konsul Kehormatan RI di negara Bagian Monterrey.

         Usai upacara dilakukan pemotongan tumpeng sebagai lambang ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia.

         KBRI menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia bahwa sebagai rakyat Indonesia, kemerdekaan perlu disyukuri dan dimaknai sebagai momentum untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan kerja, kerja cerdas untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera.

         Sebagai bentuk apresiasi, Dubes Yusra Khan menyerahkan potongan tumpeng kepada Warga Negara Indonesia yang menetap di kota San Miguel de Allende atas kesediaan hadir pada upacara dengan menempuh waktu perjalanan sekitar empat jam.

         Potongan tumpeng disampaikan kepada Alvaro Segovia, Konsul kehormatan Indonesia untuk Monterrey dan Miguel Angel Lares Rojas, Konsul kehormatan Indonesia untuk Guadalajara atas dedikasi mereka dalam mempromosikan Indonesia di Meksiko.

         Usai upacara, masyarakat Indonesia dan friends of Indonesia yang hadir bergembira merayakan ulang tahun kemerdekaan dengan berpartisipasi dalam kegiatan menyanyi dan menari bersama serta menyaksikan aneka pertunjukan.

         Pada saat yang sama, sebagai bentuk dukungan kepada penerima beasiswa Darmasiswa yang akan mulai belajar selama setahun di Indonesia pada akhir bulan Agustus ini, KBRI Mexico City mengadakan  pertemuan dengan penerima dan alumni penerima Darmasiswa yang diikuti sekitar 20 orang.

         Pertemuan ini disambut baik oleh penerima beasiswa Darmasiswa dan dipandang mereka berguna karena memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkenalan dan menggali informasi dari pendahulu.

         Dubes Yusra Khan menyampaikan kepada penerima beasiswa Darmasiswa tahun akademik 2015/2016 memanfaatkan masa belajar  di Indonesia  mempelajari lebih banyak mengenai budaya Indonesia.  **4***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 21-08-2015 20:09:57


Tidak ada komentar: