Minggu, 20 Agustus 2017

BRUSEL

DUBES YURI: INDONESIA JADI KEKUATAN EKONOMI 
     Oleh Zeynita Gibbons
   London,18/8 (Antara) - Dubes RI di Brussel,  Yuri O. Thamrin mengatakan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke lima dunia setelah Tiongkok, AS, India, dan Jepang seperti yang disebutkan Price Waterhouse Coopers dalam laporan berjudul "The Long View: How Will the Global Economic Order Change by 2050".
        Hal itu disampaikan Dubes dalam sambutannya pada  Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 yang berlangsung  di halaman KBRI Brussel di Avenue de Tervuren, Kamis (17/8).
        Sekretaris pertama fungsi pensosbud KBRI Brusel Ance Maylany kepada Antara London, Jumat mengatakan upacara Peringatan HUT ke - 72 RI di Belgia diikuti ratusan WNI, diaspora Indonesia dan warga Belgia.
        Lebih lanjut Dubes Yuri menyampaikan bahwa di usia ke-72 tahun, bangsa Indonesia mempunyai modalitas yang lebih dari cukup, untuk tidak hanya melangkah, tetapi juga melompat dan melesat maju, menuju masa depan yang lebih baik. 
   Hal itu, ujarnya ditunjang oleh berbagai modalitas riil yang dimiliki antara lain dalam hal demokrasi dan tingkat ekonomi yang baik.
        Dalam hal berdemokrasi, tambahnya, hasil penelitian Economist Intelligence Unit 2016 menyebutkan pada 2016, Indeks Demokrasi Indonesia berhasil meraih peringkat 48, terbaik di ASEAN. Indonesia dikategorikan sebagai Flawed Democracy, bersama Jepang, Korea Selatan, dan India.
        Dikatakannya  modalitas yang tak kalah penting adalah jumlah kelas menengah yang signifikan dan terus bertambah seiring dengan bonus demografi yang sedang dan akan kita nikmati.
        Dalam 15 tahun terakhir, PDB Indonesia meningkat dari sekitar 1000 triliun rupiah, menjadi sekitar 10 ribu triliun. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi ke-16 dunia, sejajar dengan negara G-20.

        Upacara peringatan kemerdekaan RI di Brussel setiap tahunnya diadakan sebagai upaya mengingat kembali pembacaan teks proklamasi dilakukan Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur no. 56 Jakarta 17 Agustus 1945. Upacara HUT RI ke-72 juga dimeriahkan dengan penampilan aubade anak Indonesia menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan 17 Agustus, Bendera Merah Putih dan Naik Delman .(ZG)***2***
(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 18-08-2017 21:26:03

Tidak ada komentar: