Minggu, 20 Agustus 2017

SERBIA

KOMISI I DPR LANCARKAN DIPLOMASI PARLEMEN SERBIA
     Zeynita Gibbons

     London,15/8 (Antara) - Komisi I DPR melakukan kunjungan kerja ke Serbia dalam upaya melancarkan diplomasi parlemen dan mendorong pembebasan visa kunjungan singkat bagi WNI dan penurunan tarif impor produk Indonesia ke Pemerintah Serbia.
           Dalam kunjungan kerja  ke Serbia Komisi I DPR dari tanggal 10 hingga 12 Agustus lalu melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Serbia dan Group Kerja sama Bilateral Parlemen Serbia-Indonesia serta Menteri Luar Negeri Serbia, Ivica Dacic, dkata Pensosbud KBRI Serbia Habadi Soewedo kepada Antara London, Selasa.
           Dalam pertemuan Komisi I DPR yang  terdiri atas Asril Tanjung, Evita Nursanty, Hidayat Nur Wahid, Muhaimin Iskandar, Djenri Keintjem, Dimyati Natakusumah dan Martin Hutabarat menyampaikan penghargaan atas jalinan hubungan kerja sama Indonesia dan Serbia yang dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat.
          Komisi I mencatat hubungan kuat kedua negara antara lain didasari asas timbal balik yang kuat di bidang politik, antara lain komitmen kedua negara saling menghormati kedaulatan negara dan integritas wilayah dan saling dukung di berbagai fora regional dan internasional.
           Dalam hal ini, Komisi I DPR menegaskan kepada Pemerintah Serbiabahwa  kepentingan untuk mengembangkan asas timbal balik tersebut di bidang  pembebasan visa kunjungan singkat bagi WNI dan kerja sama perdagangan dan investasi .
           Selain itu, Komisi I DPR juga menekankan pentingnya perluasan akses pasar dan penurunan tarif impor atas produk Indonesia ke Serbia guna meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara.
        Komisi I DPR juga menyampaikan  undangan Ketua DPR Setya Novanto kepada Ketua Parlemen Serbia untuk menghadiri pertemuan parlemen  internasional mengenai pembangunan berkelanjutan atau World Parliamentary Forum on Sustainable Development yang akan diadakan di Bali 6-7 September.
            Dalam kesempatan itu, juga diadakan rapat dengar pendapat dengan Dubes RI untuk Serbia merangkap Montenegro beserta jajarannya dalam rangka membahas pelaksanaan kebijakan luar negeri dan APBN KBRI Beograd. ***4***

c/a011
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 15-08-2017 06:00:46



Tidak ada komentar: