Minggu, 20 Agustus 2017

MEKSIKO

MAHASISWA MEKSIKO-EL SALVADOR ANTUSIAS BELAJAR DI INDONESIA      
     Zeynita Gibbons 

     London,15/8 (Antara) - Sebanyak 13 mahasiswa Meksiko peserta program Darmasiswa termasuk seorang mahasiswa asal El Salvador dengan antusias akan belajar   Bahasa Indonesia, seni batik, seni kerajinan, dan wisata budaya di Bandung, Surakarta, Denpasar, Jakarta, dan Surabaya.
             Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Selasa mengatakan mahasiswa asal El Salvador adalah untuk pertama kalinya mengikuti program beasiswa Darmasiswa tahun akademik 2017/2018.
            Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, saat membuka kegiatan Temu Alumni Darmasiswa di Kedutaan  Indonesia di Mexico City, Senin (14/8) mengatakan minat mahasiswa di kawasan Amerika Tengah cukup tinggi untuk mengikuti program Darmasiswa di Indonesia.
           Untuk El Salvador, baru kali ini peserta dari kota San Salvador berhasil memperoleh beasiswa Darmasiswa, ujarnya menambahkan sampai saat ini 112 mahasiswa Meksiko yang mengikuti Darmasiswa sejak tahun 1996.
           Dubes Yusra Khan yakin peserta asal Meksiko akan menyenangi dan jatuh cinta terhadap Indonesia dan pengalaman selama di Indonesia akan dapat mengubah cara pandang  tentang Indonesia, serta memberikan nilai tambah pada kepribadian, keterampilan, dan keahlian mereka.
          Dubes Yusra Khan berpesan agar peserta Darmasiswa dapat memanfaatkan masa belajar mereka di Indonesia dengan baik dalam mempelajari lebih banyak mengenai budaya Indonesia.
          Kelak peserta Darmasiswa tahun akademik 2017/2018 ini akan menjadi `duta besar Indonesia¿ dengan misi memperkenalkan Indonesia melalui cerita pengalaman selama masa pembelajarannya di Indonesia kepada teman dan keluarga saat kembali ke Meksiko.       
        Selain itu saat belajar di Indonesia, peserta Darmasiswa juga dapat memperkenalkan  budaya Meksiko kepada masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui budaya negara lain, ujarnya.
          Acara temu alumni Darmasiswa ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan KBRI untuk melepas peserta Darmasiswa dari Meksiko. Kegiatan ini juga sebagai kegiatan persiapan keberangkatan ke Indonesia.
            Kegiatan persiapan lain yaitu mengikuti kelas Bahasa Indonesia untuk membekali peserta dengan keterampilan dasar berbahasa Indonesia diharapkan akan membantu proses adaptasi awal saat tiba di Indonesia.

              "Saya senang bisa memperoleh banyak informasi dari alumni," ujar Maria Jose Flores Rojas, salah seorang peserta dari kota Celaya, Meksiko, yang akan mempelajari Bahasa Indonesia di Surabaya.        Tiga  alumni yang hadir dalam pertemuan dan berbagi suka-duka mengikuti Darmasiswa dan menceritakan berbagai pengalaman yang dialami. Mereka juga memberikan beberapa  saran yang perlu dicermati dalam proses keberangkatan serta adaptasi di Indonesia.***4***

c/a011
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 16-08-2017 07:15:05

Tidak ada komentar: