Rabu, 30 Agustus 2017

BULGARIA

TARIAN INDONESIA MENANG KOMPETISI INTERNASIONAL DI BULGARIA
     Zeynita Gibbons

      London, 28/8 (Antara) - Tari Saman yang ditampilKan Tim Tari Kencana Pradipa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia berhasil sebagai pemenang Grand Prix Kejuaraan Dunia Folklore 2017  yang berlangsung di kota Sveti Vlas, Bulgaria.
           Tim Indonesia juga memenangkan mendali emas untuk kategori Folklore Ensembles dan Folklore Instumental Group, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia kepada Antara London, Senin.
          Pada malam final, Tim Indonesia yang berjumlah sekitar 30 orang bersaing ketat dengan penampilan negara lainnya yang tidak kalah kompak, dinamis dan memukau seperti dari Latvia, Rusia, Kroasia, Moldova dan tuan rumah Bulgaria.
          Tari Saman ditampilan dengan koreografi yang menarik dimana sambil berdendang dan menggerakkaan tangan dan kepala khas saman yang serempak, tim juga sambil duduk bergeser membentuk formasi lain seperti huruf V dan tiga kelompok kecil kemudian kembali ke posisi semula.
         Alhasil penonton tidak berhenti memberikan tepuk tangan.        Dukungan terhadap tim Indonesia diberikan Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid yang menempuh kurang lebih lima jam perjalanan darat untuk sampai di Kota Slavi Vlas tempat pertunjukan final digelar dan tidak ada warga indonesia yang bermukim disana.    
      Dubes Astari Rasjid menyampaikan kebanggannya dan pujiannya untuk Tim Tari Kencana Pradipa yang berprestasi mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.
            Uraian air mata, senyum kebahagian, dan teriakan kegembiraan diekspreksikan angota tim ketika Indonesia diumumkan menjadi pemenang Grand Prix Kejuaran Dunia Folklore 2017 di Bulgaria.
          Kerja keras, perjuangan, dan persiapan yang telah dilakukan selama 1,5 tahun telah terbayar dengan kebanggaan, ditambah Tim Indonesia  memenangkan mendali emas untuk kategori Folklore Ensembles dan Folklore Instumental Group.
            Menurut pelatih Donny Yoshinda dari Gentari Gita Khatulistiwa, total ada empat tarian yang disiapkan  menjelang kompetisi ini. Selain Tari Saman, ada Tari Wanoja Bentang dari Sunda, Tari Kembang Selaras dari Betawi, dan Tari Papeda dari Papua.    
     Sejak didirikan tahun 2007, Kencana Pradipa ikut serta dalam berbagai kompetisi nasional dan misi budaya seperti di Spanyol - Portugal (2009), Amerika Serikat, (2010), Brazil (2013), dan Hungaria (2017). Inilah kali pertama bagi Kencana Pradipa - Psikologi UI mengikuti kompetisi bertaraf internasional.
            Acara World Championship of Folklore 2017 yang ke tujuh dilaksanakan di kota Nassebar, Burgas, Pomorie, dan Sveti Vlas,  yang merupakan kota-kota tepi pantai dipenuhi turis-turis sepanjang musim panas, tidak hanya dari Bulgaria namun  juga mancanegara.****4****
T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 28-08-2017 16:38:13


pobtrans.gif

Tidak ada komentar: