Rabu, 30 Agustus 2017

SERBIA

PENAMPILAN PENARI "BALI WONDERLAND" MEMBIUS MASYARAKAT SERBIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 28/8 (Antara) - Penampilan penari dengan iringan genre Electronic Dance Music yang ditampilkan bintang tamu DJ Dyro pada Festival Budaya Indonesia "Bali Wonderland", membius sekitar 3.000 pengunjung di ikon benteng Kalemegdan, Fortrees, Beograd, Serbia.
         KBRI Beograd mengadakan promosi budaya dan pariwisata Indonesia dengan mengelar acara Festival Budaya perpaduan dari budaya tradisional dan modern menjadi konsep promosi budaya yang diadakan di ikon kota Beograd, benteng Kalemegdan, demikian Pensosbud KBRI Beograd, Habadi Soewedo kepada Antara London, Minggu.
         Dubes Indonesia untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Harry R.J. Kandou, memilih cara yang tidak biasa dalam mempromosikan Indonesia yaitu dengan memadukan budaya tradisional dan modern.
         Dubes Harry Kandou ingin menunjukkan kepada dunia international bahwa Indonesia adalah bangsa yang modern namun tetap menjunjung tinggi akar budayanya.
         Pada hari Sabtu (26/8) KBRI Beograd bekerja sama dengan berbagai pihak di Serbia mengadakan Festival Budaya Indonesia yang dibagi dalam dua bagian. Pertama Pasar Indonesia dan bagian kedua adalah Festival Musik "Rave Party" Bali Wonderland.
         Pasar Indonesia atau dalam bahasa Serbia disebut Ïndonezianska Piazza, diadakan di benteng Kalemegdan dengan kapasitas 4.000 orang penuh sesak oleh pengunjung. Masyarakat kota Beograd dengan antusias merasakan nuansa Indonesia yang kental dengan mencicipi berbagai budaya yang disajikan.
         Pasar Indonesia diisi dengan berbagai tampilan budaya, promosi kuliner, serta pariwisata. Penampilan Lisa Tari Krida Budaya yang  menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan musik dan tari tradisional Indonesia. yang ditampilkan mendapat applaus yang meriah dari pengunjung yang rela berdesak-desakan  menonton.
         Tidak hanya penampilan Krida Budaya, KBRI Beograd bekerja sama dengan Restoran Indonesia di Beograd menyajikan kuliner khas tanah air. Selain itu investor Indonesia, PT. Indofood, yang memiliki pabrik di Serbia ikut hadir di pasar Indonesia guns mempromosikan produknya dengan memberikan workshop cara memasak Indomie.
         KBRI Beograd juga menyediakan corner-coner lainnya, antara lain corner sanggar tari KBRI Beograd memberikan workshop tarian, corner beasiswa memberikan informasi kepada pelajar dan corner pariwisata yang menunjukkan keindahan destinasi wisata Indonesia dengan menjual paket-paket wisata dari tour operator di Serbia.
         Selain itu juga terdapat corner satria nusantara mengajak pengunjung mencoba senam pernapasan khas Indonesia, dan corner Qatar Airways yang menyediakan dua tiket gratis Beograd-Denpasar-Beograd bagi pengunjung.
         Usai Pasar Indonesia, acara dilanjutkan dengan festival musik Bali Wonderland yang menampilkan DJ ternama dari Belanda, DJ Dyro serta deretan DJ lainnya memainkan musik dengan genre Electronic Dance Music.

         Meskipun para DJ memain musik yang sangat kekinian, namun visual effects yang ditampilkan sangat kental dengan nuansa budaya tradisional. Gambar wayang kulit, leak bali dan berbagai ikon budaya Indonesia menjadi andalan visual effects. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 28-08-2017 04:03:24

Tidak ada komentar: