Kamis, 06 September 2018

COLCHESTER



KOTA TUA BERTABUR BINTANG SAAT INVASION COLCHESTER 

Oleh Zeynita Gibbons
Oleh Zeynita Gibbons

Colchester, Inggris 3/9 (Antara) - Karakter film seperti Star Wars, Ghostbusters, Harry Potter, Aliens, Doctor Who, Halo, Jurassic Park, dan Disney Princesses serta tokoh komik dan film pahlawan super favorit anak-anak dan remaja berkeliling di tengah kota Colchester, yang tercatat sebagai kota tua di Inggris, pada Sabtu dan Minggu yang bertabur bintang.

Sekitar 200 orang berdandan layaknya pahlawan dan putri dalam film dan komik pada acara tahunan Invasion Colchester yang diadakan oleh Simon Leonard dan Kerrie Williams dari Ace Comics untuk menggalang dana bagi Colchester serta Ipswich Hospitals Charity dan St Helena Hospice.

Mereka berparade melewati pusat perbelanjaan Lion Walk dan Culver Square, Pasar Colchester, superstore Fenwick, galeri Firstsite, Taman Colchester, Kastil, Ace Comics, Colchester Park and Ride, dan Town Hall, kantor pemerintah daerah Colchester.

Di antara mereka ada yang berdandan seperti Jack Sparrow dalam film Pirates of the Caribbean, serta para putri dalam film Disney, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

"Itu ada Princes," kata Deisy Martin, perempuan Manado yang menikahi pria Inggris, kepada putri semata wayangnya Freya, lalu mengajak anaknya berfoto dengan sang putri.

Para peserta parade dengan senang hati memenuhi permintaan turis dan warga yang datang dari berbagai kota untuk berfoto bersama.

Dan kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Nuryati (68), warga Jakarta yang sedang mengunjungi anaknya Wati Halesworth, yang sudah 10 tahun lebih menetap di Colchester, sekitar satu jam perjalanan dari London, ibu kota Inggris.

Wati dengan sigap mengajak sang ibu serta keponakannya, Syafira Wahyuni, berfoto bersama peserta parade.

"Mumpung Mama dan Fira lagi di sini," kata Wati pada Minggu, saat menyaksikan Invasion Colchester, yang setiap tahun digelar pada awal September.

"Wah itu ada bintang Star Wars lagi lewat," kata Laiyee Yau Strawson, perempuan Hongkong yang datang bersama anak perempuan dari perkawinannya dengan pria Inggris.

"Bagusnya acara ini digelar untuk pengumpulan dana," kata Laiyee, yang pernah bekerja di pusat informarsi pariwisata kota Colchester.



Awal Mula

Pendiri Invasion Colchester, Simon Leonard, mengatakan ia meluncurkan Invasion Colchester tahun 2011 sebagai cara untuk mengumpulkan dana.

Penggalangan dana dilakukan untuk Colchester Hospitals Charity dan St Helena Hospice, yang menurut Leonard membantu menyelamatkan nyawanya.

Leonard pada 9 Januari 2011 menjalani perawatan di Rumah Sakit Colchester University karena kesulitan bernapas dan didiagnosis terserang flu babi.

"Dalam dua hari saya berada dalam dukungan hidup karena gagal total paru-paru," kata Leonard mengenai peristiwa yang membuat dia mencetuskan ide mengumpulkan dana untuk organisasi sosial.

Ia meminta bantuan Kerrie Williams menjadi koordinator acara Invasion Colchester.

Williams menuturkan bahwa pada masa itu Leonard mengajaknya mengelar acara Invasion Colchester ketika kondisinya belum pulih.

Dia pun lalu berbicara dengan pejabat terkait, merekrut staf, menarik bantuan, dan melakukan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara tersebut.

"Saya kira dia melihat saya sebagai orang yang ideal untuk bergabung dengannya," kata Williams, pencinta Star Wars yang menjalankan bisnis ACE Comics di Colchester.

Dalam acara tahun ini, panitia juga memperkenalkan seniman komik "Ghostbusters" Phil Elliott, aktor Mike Edmonds dan Martin Ballantyne, serta bintang film Inggris yang tahun lalu juga berpartisipasi seperti Nick Jospeph, Sandeep Mohan, Ralph Morse, dan Chris Bunn.

Selama dua hari para pengunjung memadati pusat pertokoan di Colchester, yang juga menjadi tempat pameran mobil-mobil yang digunakan dalam film, pertunjukan musik, dan sesi foto bersama bintang. Di antara para pengunjung, relawan berkeliling membawa kotak sumbangan.

"Acaranya penuh dengan keceriaan, juga membawa pesan kepedulian," kata Deisy.



(T.H-ZG/B/Maryati/B/Maryati) 03-09-2018 07:18:55



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: