Kamis, 27 September 2018

PARIS


KOKI INDONESIA DEMO MASAK SOTO DI LE CORDON BLEU PARIS
Zeynita Gibbons

London, 20/9 (Antara) - Koki Indonesia, Degan Septoadji, mengajarkan cara memasak soto dan kari ayam dalam kelas memasak ketiganya di sekolah kuliner kenamaan Le Cordon Bleu di Paris, Prancis, Rabu (19/9).

Menurut Sekretaris Kedua Ekonomi KBRI Paris, Karina Ratnamurti, Kamis, dalam acara yang merupakan rangkaian kegiatan promosi Festival Couleurs d'Indonésie itu ada sekitar 70 undangan yang menghadiri kelas memasak, termasuk di antaranya perwakilan diplomatik dan murid Le Cordon Bleu.

Koki Degan memperkenalkan bumbu dan teknik membuat masakan Indonesia kepada para calon juru masak yang belajar di sekolah itu.

Dia antara lain memperkenalkan lima bumbu dasar Indonesia, yakni bumbu kuning, bumbu merah, bumbu putih, bumbu hitam dan bumbu hijau.

Degan berharap peserta kelas memasak di Le Cordon Bleu bisa mempelajari rasa baru dan mengaplikasikannya dalam memasak.

Selama tiga kali mengajar dalam kelas memasak di Le Cordon Bleu, Koki Degan melihat antusiasme peserta kelas memasak.

"Banyak sekali pertanyaan teknis yang muncul mengenai cara memasak ala Indonesia ini, seperti misalnya menghancurkan bumbu menggunakan cobek batu," katanya.

Duta Besar RI di Paris Hotmangaradja Pandjaitan mengatakan ada peluang untuk meningkatkan nilai ekspor bumbu khas Indonesia karena beberapa restoran di Paris saat ini sudah banyak menggunakan bumbu Indonesia.

Kelas memasak makanan Indonesia di Le Cordon Bleu Paris, ia mengatakan, merupakan salah satu bentuk kerja sama KBRI Paris untuk meningkatkan diplomasi kuliner Indonesia yang diharapkan dapat memopulerkan makanan Indonesia dan meningkatkan nilai ekspor bumbu asal Indonesia.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia mencatat kuliner merupakan subsektor industri kreatif yang memberikan penghasilan terbesar dibandingkan subsektor lainnya, menyumbang 41,4 persen dari total kontribusi ekonomi kreatif Indonesia.

Festival Couleurs d'Indonésie yang tahun ini berlangsung mulai 22 September mencakup kegiatan promosi perdagangan dan investasi serta acara-acara budaya.

Le Cordon Bleu, yang usianya sudah 120 tahun, awalnya mengajarkan teknik memasak ala Prancis. Namun seiring dengan perjalanan waktu, sekolah kuliner itu juga mengajarkan teknik memasak dari berbagai negara di kampus-kampusnya.***4****

(T.H-ZG/C/Maryati/Maryati) 20-09-2018 07:21:13




Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: