Minggu, 16 September 2018

PRAHA

MUSIK MINANG TALEMPONG TAMPIL DI PRAHA
Oleh Zeynita Gibbons
London,13/9 (Antara) - Alat musik talempong dan lagu tradisional Sumatera Barat tampil dalam konser musik tunggal oleh penerima beasiswa BSBI Indonesia dari Republik Ceko, Matej Divis di hall kampus HAMU, Praha, Republik Ceko.

Selain memainkan alat musik talempong Matej Divis juga memperliatkan keahliannya dalam bermain berbagai alat musik seperti vibrafon, marimba, set perkusi, demikian Pensosbud KBRI Praha, Dwi Wisnu Budi Prabowo kepada Antara London, Kamis.

Selama di Indonesia, Matej Divis merupakan penerima Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) pada tahun 2018 berasal dari Republik Ceko.

Dia memperoleh banyak pengalaman mengenai seni dan budaya Indonesia dari Sanggar Tari dan Musik Syofyani yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat.

Pengalamannya selama enam bulan berada di Indonesia telah menginspirasinya untuk turut membawakan lagu-lagu Indonesia di dalam penampilannya dengan memainkan alat musik talempong dan lagu "Ikan Kekek" yang berasal dari Sumatera Barat.

Sekitar 150 penonton memadati ruang pertunjukan menikmati lagu Indonesia yang dibawakan Matej diiringi musik yang enerjik dengan tempo yang begitu cepat tampil memukau penonton. Mereka memberikan tepuk tangan meriah usai Matej menyelesaikan pertunjukannya selama 1,5 jam .  
Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Aulia Rachman, beserta staf KBRI Praha hadir menyaksikan penampilan menyerahkan plakat kepada Matej sebagai bentuk penghargaan atas penampilannya dan juga apresiasi terhadap seni tradisional dari Indonesia.

Dubes menyampaikan kepada pengunjung mengenai berartinya penampilan Matej pada malam tersebut untuk semakin majunya people-to-people contact antar individu dari kedua negara.

Terlebih, pertunjukan tersebut dibawakan warga Ceko mendapatkan banyak pengalaman mengenai kekayaan budaya Indonesia. Dubes Aulia juga mempromosikan Indonesia dan membuka kesempatan kepada hadirin untuk datang ke Indonesia yang memiliki kebudayaan yang sangat kaya dan beragam.(ZG)***4***

(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 13-09-2018 19:48:21


Tidak ada komentar: