Kamis, 27 September 2018

NORWEGIA

DUBES AJAK MASYARAKAT NORWEGIA BERKUNJUNG KE PAPUA
Zeynita Gibbons
London,26/9 (Antara) - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Norwegia, Mulya Lubis mengajak masyarakat Norwegia mengunjungi Papua lebih jauh melalui pameran photo bertajuk "Voyage to the Rising Sun: Papua, Indonesia" karya Poriaman Sitanggang yang dipamerkan di Engineerium, Oslo yang berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 September 2018.

Ajakan itu disampaikan pada pembukaan pameran yang diadakan KBRI Oslo bekerja sama dengan Garuda Indonesia, ANJ, Engineerium, Aker Solutions, Kristiansand Kommune dan Agder University, dihadiri korps diplomatik, akademisi, diaspora dan friends of Indonesia yang berada di wilayah Oslo dan sekitarnya, kata Fungsi Pensosbud KBRI Oslo, Nina Evayanti di Oslo, Rabu.

Mulya mengatakan Indonesia sangat luas dan sangat kaya dan bukan hanya terdiri dari Bali. Pameran foto ini menunjukkan bahwa Papua sendiri sangatlah kaya. "Saya berharap dengan melihat foto-foto ini, masyarakat Norwegia tertarik untuk mengunjungi Papua dan melihat secara langsung kekayaan alam dan budaya Papua," ujarnya.

Sebanyak 35 photo mengambarkan tentang alam Papua, kebudayaan serta kehidupan masyarakat adat di daerah itu, terutama Suku Dani dan Suku Asmat, diambil Poriaman selama kurun tahun 1994 hingga 2018
Menurutnyas foto ini menarik terlepas dari unsur politik yang biasanya mewarnai berbagai isu tentang Papua, tetapi photo yang dipamerkan memperlihatkan sudut pandang yang berbeda mengenai Papua.

Meskipun kita memiliki pandangan berbeda, tetapi ada satu hal yang sama, bahwa Papua itu sangat unik dan kaya, baik dalam hal kebudayaannya, alamnya, maupun pola hidup masyarakat.

Sementara itu, Poriaman berharap masyarakat  Norwegia dapat berkunjung ke Papua. "Foto-foto ini merupakan salah satu bentuk apresiasinya kepada masyarakat Suku Asmat dan Suku Dani yang telah membagi ilmu dan kearifan lokal serta mengizinkannya untuk mengambil foto.

Saya berharap masyarakat Norwegia tertarik untuk berkunjung ke Papua setelah melihat foto-foto tersebut," demikian Poriaman.

Pameran foto tersebut selain dipamerkan di Oslo juga akan digelar di Kota Kristiansand yaitu di Universitas Agder pada tanggal 28 September hingga 1 Oktober 2018.***4*** ZG


(T.H-ZG/B/H. Agusta/H. Agusta) 26-09-2018 06:00:30

Isi Audio Download Audio


Tidak ada komentar: