Jumat, 09 September 2011

DUBES WAKIL UN WTO

DUBES DI MADRID WAKILI INDONESIA DI UNWTO

London, 9/9 (ANTARA) - Dubes RI Madrid merangkap sebagai wakil tetap Indonesia untuk organisasi pariwisata PBB, United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang bermarkas besar di Madrid.

Hal itu terealisir setelah terjadinya penyerahan Letter of Introduction dari Dubes RI Madrid, Ibu Adiyatwidi Adiwoso kepada Sekjen UNWTO, Taleb Rifai di kantor UNWTO, Madrid, demikian Sekretaris Tiga KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri kepada ANTARA London, Jumat.

Dalam penyerahan tersebut Sekjen UNWTO didampingi oleh Executive Director UNWTO, Zoltan Somogyi, dan Deputy Regional Director, Regional Programme for Asia and the Pacific UNWTO, Harry Hwang.

Indonesia telah menjadi anggota UNWTO sejak tahun 1975, dan telah berperan aktif dalam keanggotaannya melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI. Namun demikian dengan dirangkapnya perwakilan UNWTO ini oleh Duta Besar RI dipandang sangat perlu untuk semakin meingkatkan posisi strategis Indonesia dalam badan pariwisata dunia ini.

Dalam kesempatan tersebut Dubes RI menyampaikan bahwa dengan diwakilinya keanggotaan Indonesia oleh KBRI Madrid, diharapkan agar peran Indonesia dalam UNWTO dapat semakin aktif mengingat kendala jarak dapat diminimalisir.

Sekjen UNWTO menyambut perkembangan ini dengan menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai peran penting bagi
UNWTO, dipandang dari potensi pariwisata Indonesia yang sudah sangat dikenal dunia.

Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono sendiri merupakan kepala negara Asia pertama yang menjadi anggota UNWTO and World Travel and Tourism Council (WTTC) Global Leaders for Tourism Campaign.

Pada bulan Juni lalu, Thaleb Rifai telah mengirim surat terbuka kepada Presiden RI yang mengekspresikan apresiasi tersebut, dan menyatakan bahwa hal ini menunjukkan perhatian besar pemerintah Indonesia terhadap sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pemasukan negara.

Pemasukan devisa Indonesia dari sektor pariwisata adalah sebesar tujuh milyar dolar AS di tahun 2010, dengan kedatangan tujuh juta turis mancanegara.

Dalam keanggotaannya di UNWTO Indonesia dipandang cukup aktif dalam memberikan kontribusi dalam sidang-sidang UNWTO. Sehingga dengan semakin dekatnya perwakilan Indonesia dengan kantor pusat UNWTO diharapkan membawa dampak positif pada pengembangan industri pariwisata Indonesia, yang pada akhirnya akan membuat Indonesia semakin dilirik oleh pasar turis Eropa. ***5***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 09-09-2011 18:38:09

Tidak ada komentar: