Rabu, 14 September 2011

INDONESIA BINTANG

INDONESIA BINTANG DI ASIA PACIFIC WEEK BERLIN

London, 12/9 (ANTARA) - Indonesia menjadi bintang dalam penyelenggaraan Asia Pacific Week yang dibuka Walikota Berlin, Klaus Wowereit dengan tamu kehormatan Sekjen ASEAN, Surin Pitsuwan dalam acara yang diselenggarakan ditempat bersejarah, Konzerthaus am Gendarmenmarkt.

Dalam kesempatan tersebut, kelompok musik asal Indonesia, Keroncong Tenggara beserta penyanyi Ubiet, mendapatkan kehormatan untuk tampil dalam acara pembukaan acara yang digelar untuk kedelapan kalinya dan, ujar Counsellor, Fungsi Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake dalam keterangannya kepada Antara London, Senin.

Dengan membawakan lagu-lagu keroncong dalam aransemen yang unik, Keroncong Tenggara mendapat sambutan meriah dari undangan yang memenuhi Konzerthaus am Gendarmenmarkt pada acara Asia Pacific Week yang mengambil tema Water, Food and Health, kata Ayodhia Kalake.

Indonesia berkesempatan memperlihatkan potensinya, baik dari sisi ekonomi, ilmu pengetahuan serta kebudayaan. Indonesian Business Day yang dihelat selama dua hari dengan menampilkan Kepala BKPM, Gita Wirjawan, Wakil Menteri Pertanian, Bayu Khrisnamurti, serta sejumlah pejabat Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Kesehatan.

Delegasi Indonesia diperkuat dengan kehadiran sektor swasta seperti wakil dari PT. Indomobil, GAPMMI, Gakeslab yang tampil bersama pihak swasta Jerman untuk membahas potensi berinvestasi di Indonesia dibidang pertanian, kesehatan, makanan, otomotif dan permesinan serta sektor-sektor lainnya.

Dalam sesi khusus Indonesia Update yang diadakan di Hotel Adlon Berlin, Kepala BKPM Gita Wirjawan dan Wakil Mentan Bayu Khrisnamurti kembali tampil dalam forum diskusi investasi dalam meyakinkan para petinggi perusahaan Jerman untuk memilih Indonesia sebagai tempat pilihan investasi mereka.

Indonesia mendapat kesempatan mempromosikan kulinernya pada acara yang bertemakan Food Meets Dance di Gedung Balaikota Berlin. Hadirin tampak bersemangat mencicipi sate Padang, baso, soto Bandung, es campur dan hidangan lainnya sambil menikmati berbagai atraksi kesenian Indonesia.

Keroncong Tenggara kembali menyita perhatian pencinta seni di Jerman dalam pertunjukan khusus di Haus der Kulturen der Welt yang selama hampir dua jam, penonton dimanjakan oleh berbagai lagu keroncong dan memberikan aplaus panjang pada akhir pertunjukan yang seluruh personil Keroncong Tenggara kembali ke panggung dan memberikan tambahan dua lagu.

Acara tersebut menandai berakhirnya partisipasi Indonesia di Asia Pacific Week. Selama 10 hari, negara-negara di kawasan Asia Pasifik diberikan kesempatan untuk memperlihatkan potensinya kepada seluruh kalangan pemerintah, bisnis, akademisi dan masyarakat luas di Jerman.

Forum ini ditujukan untuk dapat mempererat kerja sama kedua pihak, selain juga untuk memberikan saling pengertian, tidak hanya ditataran Pemerintah, tetapi juga antarmasyarakat dan diharapkan dapat memberikan efek positif bagi hubungan Jerman dan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Bagi Indonesia sendiri, sebagaimana dituturkan oleh Duta Besar RI, Eddy Pratomo, forum semacam ini jelas manfaatnya dalam mengembangkan hubungan bilateral dan dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan baik dari sisi Pemerintah maupun sektor swasta. ***6***


(ZG)/C/a011
(T.H-ZG/C/A011/A011) 12-09-2011 09:26:38

Tidak ada komentar: