Senin, 12 September 2011

GEREJA INDONESIA

GEREJA INDONESIA PERTAMA DI ATHENA YUNANI DIRESMIKAN

London, 12/9 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi mengatakan pembukaan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Yunani mencerminkan Indonesia adalah bangsa yang menjunjung tinggi kebebasan beragama dan tetap menjaga toleransi untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.

Hal itu disampaikan Dubes Ahmad Rusdi di depan jamaat dan warga masyarakat Indonesia yang menghadiri acara peresmian Gereja Bethel Indonesia di Athena Yunani, kata Sekretaris Pertama KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Senin.

Dubes mengharapkan agar gereja ini dapat dipergunakan sebagai tempat beribadah dan bersilaturahmi bagi pemeluk agama Kristen di Athena. Bagaimanapun kehadiran Ketua Sinode GBI dan rombongan ke Yunani menunjukkan kesungguhan Pemerintah dan GBI dalam membina dan meningkatkan program pengembangan dalam menjalankan kegiatan beribadah, ujarnya.

Dikatakannya peran pembinaan KBRI dalam memfaislitasi kegiatan umat Kristiani untuk melakukan kebaktian di gedung KBRI pada minggu ketiga setiap bulan juga merupakan ujud nyata dalam pembinaan dan silaturahmi antar warga Indonesia yang bekerja dan tinggal di Athena.

Acara peresmian gereja ini sebelumnya telah didahului oleh acara kebaktian yang dipimpin langsung Ketua Sinode Gereja Bethel Indonesia, Pdt DR Jacob Nahuway MA yang dalam kotbahnya menyatakan bahwa gereja ini merupakan gereja Bethel yang ke 5251.

Ia mengharapkan dengan adanya gereja ini, warga Kristiani Indonesia di Athena dapat lebih khusuk menjalankan ibadahnya karena mereka tentunya dapat lebih jelas memahami isi dari kotbah yang disampaikan dengan bahasa Indonesia.

Sementara itu Ketua Sinode Gereja Bethel Indonesia yang berasal dari Maluku mengharapkan agar para pemeluk agam Kristen yang sebelumnya jaang ke gerja dapat tergugah hatinya untuk ikut menjalankan ibadah dan juga mengikuti acara-acara keagamaan yang telah terjadwal di Gereja Bethel Indonesia.
Menutup sambutannya, pendeta Jacob menyatakan terima kasih atas penerimaan dan sambutan yang hangat dari Dubes terhadap rombongan GBI dari Indonesia yang datang untuk meresmikan gereja ini. Selain empat pengurus Sinode dari Jakarta, acara ini juga dihadiri Pdt Jimmy Manuhutu Ketua BPD GBI Eropa dan Pdt Haryanto Victor Longkotay dan istri sebagai Gembala GBI Athena.

Pendirian GBI di Yunani ini merupakan rintisan yang digagas oleh Pdt Victor Longkotay dari Manado sebagai Gembala GBI dan sekaligus penyandang dana operasional GBI, dengan dibantu oleh komunitas umat Kristen Athena.

Pendirian GBI menurut beliau adalah untuk mengakomodasi warga masyarakat Kristen Indonesia yang sebelumnya beribadah di Gereja International St. Andrew. Mengingat kebaktian dilakukan dengan bahasa Inggris maka tidak semua warga dapat memahami isi kotbah yang diberikan sehingga mereka merasa kurang maksimal ibadahnya.

Untuk mengatasi ini, Pdt Victor dan komunitas Kristen di Athena berinisiatif memiliki gereja sendiri dengan tata ibadah berbahasa Indonesia. Setelah dua tahun mengurus perijinan melalui pengacara Evangelos Kromidas, akhirnya pemerintah daerah dan para warga di lingkungan sekitar memberikan persetujuan untuk menggunakan sebuah bangunan untuk digunakan sebagai tempat kegiatan GBI.

Sementara itu, selama kurun waktu dua tahun sebelumnya, Pdt Victor memimpin langsung kebaktian setiap dua minggu sekali dari Manado melalui Skype. Peresmian GBI di Athena ini diakhiri dengan jamuan makan di aula gereja dengan diiringi lagu-lagu daerah dan tanah air. ***6***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 12-09-2011 19:37:53

Tidak ada komentar: