Rabu, 28 Maret 2012

"INTERNATIONAL DAY"


PROMOSI INDONESIA DI "INTERNATIONAL DAY" DI DUBAI

         Jakarta, 21/3 (ANTARA) - Masakan Indonesia menyita perhatian pengunjung pameran "International Day" di Dubai yang diikuti KJRI setempat bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan KJRI  untuk mempromosikan Indonesia dalam kegiatan yang diselenggarakan "Emirates International School".

        "Partisipasi stand Indonesia dalam dalam kegiatan bazaar tahunan ini kembali menarik perhatian para pengunjung," ujar Sekretaris Pertama/Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai Adiguna Wijaya kepada ANTARA, Rabu.

        Tahun sebelumnya KJRI Dubai juga berpartisipasi dalam bazaar ini yang  diikuti 43 stand yang mewakili negara lainnya. Stand Indonesia dikunjungi ribuan orang yang merupakan keluarga besar "Emirates International School" (EIS) serta masyarakat umum dan kerabat.

        Konjen RI di Dubai Mansyur Pangeran meninjau stand Indonesia di lokasi bazaar dan berharap kegiatan bazaar ini lebih memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia akan mendorong peningkatan citra Indonesia yang lebih positif di Dubai.

       Ia juga mengharapkan promosi ini akan menggugah minat dan ketertarikan masyarakat Dubai, untuk mencari informasi lebih jauh mengenai Indonesia dan dapat mengenal Indonesia secara lebih mendalam dan memilih Indonesia sebagai tempat tujuan wisata bersama keluarga.

       Stand Indonesia menyedot perhatian pengunjung bazaar karena penampilannya berbeda dibandingkan dengan 43 stand negara lainnya.

        Dekorasi stand Indonesia menunjukkan ciri yang kuat keberagaman budaya Indonesia dengan dominasi ornamen khas Bali dan beragam pajangan kerajinan tradisional Indonesia.

        Para anggota DWP KJRI Dubai dan beberapa staf KJRI Dubai yang turut bertugas di stand Indonesia mengenakan berbagai macam busana tradisional Indonesia dan baju nasional kebaya yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung bazaar.

        Dibandingkan dengan pakaian tradisional peserta bazaar lainnya, keberagaman pakaian tradisional Indonesia merupakan faktor utama yang sangat menonjol.

        Dalam kegiatan bazaar dipajang beraneka macam kain batik, patung perempuan dengan baju daerah Minangkabau serta pembagian brosur dan pemutaran video promosi pariwisata Indonesia yang didapat KJRI Dubai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

        Para pengunjung yang memadati stand Indonesia menikmati berbagai makanan dan kue khas Indonesia, seperti sate ayam, mi goreng, nasi goreng, pangsit goreng, kue klepon, risoles, dadar gulung, bakwan dan aneka permen bercita rasa Indonesia, seperti permen jahe dan asem Jawa.

        Selain itu, pengunjung juga mengambil aneka brosur pariwisata Indonesia dan buku resep kuliner Indonesia dan menyaksikan sajian video promosi pariwisata Indonesia yang ditampilkan.

        Kegiatan bazaar dimeriahkan panggung hiburan yang diisi aneka pertunjukan tari tradisional dan seni lainnya dari berbagai negara, di antaranya UAE, Turki, India, Rusia, China, Pakistan dan Siriah.

        Seorang pelajar Indonesia, Bukie Basudewa Mansyur, membawakan lagu berjudul "Karena ku tahu engkau begitu" dari Andre Hehanusa yang mendapat sambutan meriah para penonton.

        Beberapa stand mendapat dukungan dari perwakilan pemerintah negaranya yang ada di Dubai dan ada pula yang independen oleh para orang tua murid dan kerabatnya.

        Semua stand tersebut menampilkan keunikan seni budayanya masing-masing yang sebagian besar menyajikan aneka makanan dan minuman khas negaranya masing-masing serta materi promosi pariwisata.

        EIS merupakan salah satu sekolah terkemuka di Dubai yang didirikan tahun 1991 tercatat memiliki sekitar 1.800 murid yang berasal dari 80 kebangsaan dan lebih dari 180 tenaga pengajar dan staf dari 22 kebangsaan.

        Keberagaman latar belakang budaya dan bangsa menjadi salah satu ciri khas utama sekolah dan juga menjadi sekolah pertama di Dubai yang melaksanakan "the International Baccalaureate Diploma Programme" karena telah diakreditasi secara internasional sebagai "The IB World School". ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/B/S023/S023) 21-03-2012 10:10:33

               

Tidak ada komentar: