Kamis, 21 Juli 2016

KANADA

DUBES MALAYSIA DI KANADA RAYAKAN IDUL FITRI DI KBRI OTAWA
          Zeynita Gibbons

       Jakarta, 9/7 (Antara) - Duta Besar Malaysia untuk Kanada dan para anggota korps diplomatik negara-negara sahabat, khususnya dari negara bersebelahan di Asia Tenggara, yakni Malaysia dan Brunei Darussalam, serta komunitas dan organisasi Islam di Kanada dan Montreal bersama WNI di Ottawa dan Montreal merayakan perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H yang diselenggarakan  KBRI Ottawa, Rabu.
           Perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H dimulai dengan gema takbir dan shalat Ied bersama di Gedung KBRI Ottawa, serta halal bi halal yang dilaksanakan di Gedung Wisma Duta Besar RI di Ottawa, demikian Sekretaris Dua Pensosbud KBRI Ottawa, Kanada, Bahana Menggala Bara kepada Antara di Jakarta, Sabtu.
           Rangkaian kegiatan gema takbir bersama dan shalat Ied di Gedung KBRI Ottawa dihadiri tidak kurang dari 150 warga masyarakat Indonesia yang tinggal menetap di Ottawa dan Montreal. Turut hadir dalam rangkaian perayaan Idul Fitri, Dubes Malaysia untuk Kanada dan para anggota korps diplomatik negara-negara sahabat, khususnya dari negara bersebelahan di Asia Tenggara, yakni Malaysia dan Brunei Darussalam, serta komunitas dan organisasi islam di Kanada dan Montreal.
         Dubes RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah, mengharapkan  pelajaran yang telah diperoleh selama pelaksanaan ibadah Ramadhan dapat menjadi bekal untuk memperbaiki kualitas diri segenap kaum muslim di Kanada, dan menekankan  agar masyarakat Muslim Indonesia di perantauan dapat senantiasa membawakan nilai perdamaian serta menampilkan wajah Islam yang teduh dan penuh rahmat bagi semesta alam. Maraknya aksi-aksi kekerasan dengan dalih keagamaan di berbagai belahan dunia, utamanya di negara kawasan Timur Tengah dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menjadi keprihatinan yang mendalam, ujarnya.
          Untuk itu, ia  berpesan bagi seluruh masyarakat muslim Indonesia di perantauan untuk terus senantiasa membawakan nilai perdamaian sebagaimana diajarkan  Nabi Muhammad SAW, dan menampilkan wajah Islam yang teduh -- Islam yang memberi kerahmatan bagi semesta alam (Rahmatan Lill Alamin) Shalat Ied  dipimpin  Ustadz Ahmad Rofiqi yang dalam tausiyah Iedul Fitrinya, Ustadz Ahmad Rofiqi  menjelaskan arti penting nilai agar manusia berusaha untuk terus memperbaiki diri agar dapat kembali fitrah, sesuai dengan nilai dan tuntunan agama Islam yang penuh rahmat bagi semesta alam.
          Ustadz Ahmad Rofiqi merupakan Dai Ambassador, program dakwah dari Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) yang bergerak meretas dakwah lintas batas untuk melakukan melakukan pembinaan spiritual masyarakat muslim di luar negeri.
         Rangkaian acara Idul Fitri 1437H tahun ini ditutup dengan halal bi halal dan jamuan makan siang di Gedung Wisma Duta Besar RI di Ottawa, Kanada. Beragam kuliner khas idul fitri, seperti ketupat, lontong sayur, rendang, opor ayam, dan balado tempe dan sambal kentang ati ayam, turut tersaji menciptakan nuansa hangatnya berlebaran di tanah air di Kanada.***4***ZG/o001)
(T.H-ZG/B/O. Tamindael/O. Tamindael) 09-07-2016 09:29:56

Tidak ada komentar: