Kamis, 21 Juli 2016

KJRI PENANG

KJRI GELAR "BUSINESS MATCHING" SUMUT - PULAU PINANG
     Oleh Zeynita Gibbons

    Jakarta, 3/7 (Antara) -  KJRI Penang bekerja sama Kerajaan Pulau Pinang, Malaysia menyelenggarakan "Business Matching" di Hotel St Giles Wembley setempat, guna memfasilitasi kontak bisnis usahawaan Sumatera Utara dan di kerajaan itu, dihadiri 120 peserta dari kedua wilayah.

         Ketua Kadin Sumatera Utara, Ivan Iskandar Batubara dan Ketua Indonesia Malaysia Thailand Joint Business Council (IMT GT - JBC) Malaysia Dato Mohd Faudzi Naim, menekankan pentingnya diadakan forum bisnis secara rutin.
         Hal itu guna mendorong usahawan dari kedua wilayah, terutama usahawan muda untuk mengembangkan kerja sama, kata Kepala Kanselerai/Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Penang, Agus Priono kepada Antara di Jakarta, Minggu.
         Keduanya mengapresiasi inisiatif dan langkah KJRI Penang  mengadakan pertemuan dan menyampaikan hubungan antara kedua wilayah yang berdekatan secara geografis, budaya, historis dan sebagai bangsa serumpun telah terjalin sejak lama, namun dalam beberapa tahun terakhir menurun, sehingga dipandang penting untuk direvitalisasi dan pengaktifan kembali.
         Para pengusaha menyampaikan rasa gembiranya karena Business Matching telah mendapatkan sambutan antusias yang tinggi. Forum tersebut mempertemukan 120 pengusaha dari kedua wilayah dari beberapa sektor yaitu makanan, pakaian, produk kulit, kosmetik, pariwisata & periklanan, rempah-rempah, kerajinan tangan, serta impor & logistik.
         Melalui forum tersebut, banyak pengusaha yang menemukan mitra usaha usahanya dan bahkan banyak di antaranya melakukan transaksi dan melakukan pemesanan barang. KJRI Penang mendapatkan banyak permintaan agar acara serupa dilakukan secara rutin, termasuk mempertemukan pelaku wisata dalam bentuk Travel Gathering.
         Acara bertambah meriah dengan dilakukannya penandatanganan MOU Kerja Sama antara Kadin Sumatera Utara dengan Persatuan Pengusaha dan Pedagang Malaysia (Perdasama) Penang oleh pimpinan kedua dewan dagang tersebut, dengan disaksikan Timbalan Ketua Menteri I Pulau Pinang, Dato Mohd Rashid bin Hasnon dan Konsul Jenderal RI Penang, Taufiq Rodhy.
         Keduanya menyampaikan harapan untuk semakin ditingkatkannya hubungan/kerja sama di bidang ekonomi bagi kesejahteraan rakyat di kedua wilayah. Keikutsertaan kembali usahawan Pulau Pinang dalam Pekan Raya Sumatera Utara bulan Maret-April lalu perlu terus dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti Business Matching yang baru diselenggarakan.

         Konjen RI Penang menyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi upaya-upaya memajukan kerja sama ekonomi kedua wilayah. Konjen dalam sambutannya mengajak pengusaha di wilayah Utara Malaysia untuk mengambil kesempatan bisnis dengan menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 12-16 Oktober mendatang. (ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 03-07-2016 05:23:37

Tidak ada komentar: