Kamis, 21 Juli 2016

PRAHA

KBRI PRAHA PROMOSI DI KARLOVY VARY CEKO
     Oleh Zeynita Ginbons

    Jakarta, 5/7 (Antara) - Tarian Condong dari Bali dan alunan arumba "Can't Help Falling in Love" menyemarakkan promosi Indonesia di kota Karlovy Vary, Ceko, yang digelar bersamaan Festival Film Karlovy Vary ke-51.

         Kegiatan tersebut digelar atas kerja sama KBRI Praha dan Beethoven Center, pusat perbelanjaan di kawasan kota wisata Karlovy Vary di Ceko.
         Menurut Pensosbud KBRI Praha, Fitriyani Riduan dalam keterangan disampaikan kepada Antara di Jakarta, Selasa, KBRI Praha memanfaatkan penyelenggaraan Festival Film untuk menggelar kegiatan promosi terpadu perdagangan dan pariwisata di kota Karlovy Vary, yang terletak sekitar 125 km sebelah barat ibu kota Praha.
         Dubes RI Praha, Aulia A. Rachman mengatakan KBRI Praha memanfaatkan setiap kesempatan mempromosikan Indonesia. Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah meningkatkan promosi perdagangan, pariwisata dan investasi di luar negeri.
         Lebih lanjut Dubes RI di Praha menyebutkan promosi pariwisata dan perdagangan harus dilakukan di wilayah-wilayah potensial seantero Ceko, di samping pemusatan di kota Praha sebagai ibu kota Ceko.
         Salah satu keunikan Ceko adalah tersebarnya potensi ekonomi di sejumlah kota besar lainnya. Karlovy Vary memiliki potensi unik, yaitu sebagai salah satu tujuan wisata utama di Ceko, banyak dikunjungi wisatawan asing. Dengan demikian, kegiatan promosi di kota Karlovy Vary juga akan menjangkau khalayak yang tidak hanya berasal dari Ceko, tapi juga  negara lain.
         Terlebih lagi saat kunjungan wisatawan ke Karlovy Vary meningkat pada saat penyelenggaraan Festival Film di mana sedikitnya 131 ribu pengunjung melihat secara langsung perhelatan akbar tersebut.
         Dubes meyakini gaung tentang Indonesia akan dapat mencapai khalayak dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Indonesia memiliki potensi wisata yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu Indonesia dapat menawarkan pengalaman petualangan dan wisata yang tidak akan diperoleh di tempat lain.
         Dikatakannya Indonesia kaya akan sumber daya alam yang menjadi bahan baku produk-produk unggulan Indonesia. Fakta tersebut mendudukkan Indonesia sebagai negara yang potensial untuk memenuhi kebutuhan atas berbagai komoditas di Eropa.
         Menurut Dubes, aktivitas promosi potensi Indonesia adalah pelaksanaan arahan Presiden RI kepada Perwakilan RI di luar negeri untuk meningkatkan upaya promosi perdagangan, pariwisata dan investasi.
         Aktivitas promosi juga dimanfaatkan untuk penyebaran informasi tentang Trade Expo Indonesia ke-31, tujuan wisata Indonesia, penampilan seni budaya dan promosi kuliner Indonesia. Guna memperluas cakupan promosi, kegiatan diselenggarakan di dua tempat yang berbeda, yaitu di Beethoven Center, yang terletak di sekitar pusat Festival Film dan di salah satu lapangan di kota Karlovy Vary.
         Kegiatan promosi yang diberi tajuk "A Glimpse of Fascinating Indonesia" di Karlovy Vary tersebut memperoleh sambutan hangat dari para pengunjung. Masyarakat memadati dua lokasi terpisah menyaksikan penampilan tarian, musik arumba asal Indonesia dan menikmati kudapan khas Indonesia.
         Mengawali kegiatan seni budaya, juga diselenggarakan karnaval melintasi lokasi pusat Festival Film dengan iringan alat musik tradisional dan pakaian khas dari berbagai daerah Nusantara diikuti staf KBRI Praha dan para pengisi acara.
         Kegiatan promosi seperti ini diharapkan dapat meningkatkan minat warga Ceko untuk berwisata ke Indonesia dan menyumbang target pencapaian wisatawan mancanegara yang dicanangkan Pemerintah.

         Pada tahun 2015, tercatat sekitar 14.000 wisatawan Ceko mengunjungi Indonesia, naik sebesar 4.000 dari tahun 2014. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 05-07-2016 05:38:24

Tidak ada komentar: