Jumat, 13 Oktober 2017

ITALIA

WAMENLU ITALIA AKUI KEHARMONISAN INDONESIA PATUT DIHORMATI
     Zeynita Gibbons

     Roma, 28/9 (Antara) - Wakil Menteri Luar Negeri Italia, Benedetto della Vedova mengakui keharmonisan hidup di tengah masyarakat dengan beragam latar belakang budaya dan keyakinan menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut dihormati.
         Hal itu disampaikan Wamenlu Benedetto della Vedova yang menjadi tamu kehormatan dalam acara resepsi diplomatik yang diadakan KBRI Roma dan dihadiri lebih dari 400 anggota korps diplomatik dan mitra kerja KBRI Roma, demikian Counsellor Pensosbud  KBRI Roma, Charles F. Hutapea kepada Antara London, Kamis.
          Dalam sambutannya pada acara resepsi diplomatik yang diadakan KBRI Roma, Wamenlu Vedova,  mengatakan Italia, sebagai pendiri dan pendukung Uni Eropa, memuji peran Indonesia yang  berkomitmen untuk aktif menjadi motor penggerak di ASEAN sekaligus mengupayakan solusi permasalahan global.
           Sementara itu Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani  mengatakan Indonesia dan Italia akan mempererat kerja sama dalam mengupayakan perdamaian dunia. Hal ini melengkapi berbagai kerja sama yang telah lama terjalin di berbagai bidang antara kedua negara.
   
    Dukungan bagi anggota  DK

  Untuk itu, Indonesia mohon dukungan dalam pencalonan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020, ujar  Dubes Esti Andayani.
             Acara resepsi diplomatik memperingati HUT RI ke-72 juga hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang berada di Roma untuk mengikuti pertemuan multilateral mengenai isu kelautan juga hadir Dubes RI di Vatikan Antonius Agus Sriyono.
             Pada awal acara, penyanyi Indonesia yang lama menetap di Torino Italia, Betty Bariati dengan diiringi gitaris klasik Giordano Passini, melantunkan lagu Indonesia Raya dan Lagu kebangsaan Italia Inno di Mameli.
          Menteri Susi pun  didaulat ke atas panggung oleh Betty Bariati, bersama-sama menyanyikan lagu Suwe Ora Jamu yang mendapat sambutan  spontan dari undangan.
            Dalam acara resepsi diplomatik digelar berbagai pertunjukan seni budaya Indonesia yang juga memperoleh sambutan hangat. Permainan gitar klasik gitaris Italia, Giordano Passini, dengan lantunan musik Bali dibawakan Gamelan Gong Cenik berpadu harmonis dengan suara merdu Betty Bariati. Sedangkan Enrico Masseroli, warga negara Italia menekuni seni budaya Bali, menarikan Tari Baris dan Tari Jauk Manis lengkap dengan topeng khasnya, menambah eksotis suasana.
           Parade busana batik dengan desain kontemporer koleksi Batik Chic Gallery dari Jakarta  diperagakan  model-model setempat dan Indonesia,  menarik perhatian undangan.      
     Kumpulan dokumentasi tentang Indonesia dari fotografer Italia, Giuseppe Bigliardi, yang dipasang di seluruh sudut ruang acara serta sajian khas Indonesia turut menambah suasana yang pada malam yang sama juga dilaksanakan  resepsi peringatan hari nasional dari beberapa negara lain, banyak yang tidak beranjak bahkan hingga acara selesai.
          "Saya senang hadir dalam resepsi peringatan hari nasional Indonesia, karena acara bukan hanya bersifat seremonial namun juga selalu hadir pertunjukan seni budaya Indonesia dengan pesan yang kuat, "ujar Thomas Seeds, diplomat dari Kedutaan Besar Inggris di Roma.
          Dalam acara yang bertema "Indonesia: La vita a colori ¿ Una collaborazione per la pace / Indonesia: Kehidupan dalam ragam warna" atau "Sebuah kolaborasi bagi perdamaian dunia"  dalam rangka menegaskan harmonisnya kehidupan masyarakat kedua negara hingga bermuara pada kerja sama di berbagai bidaung tersebut.
          Selain itu, pertemuan musik klasik kontemporer dengan seni tradisi Indonesia memberikan nuansa kehangatan interaksi budaya yang meskipun berbeda-beda namun dapat beriringan bersama. Pentingnya kebersamaan pun disampaikan melalui lantunan lagu "We are the World" yang dibawakan Betty Bariati diiringi permainan saksofon Charles Hutapea di penghujung acara. Latar belakang video kampanye Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, yang menampilkan dokumentasi upaya Indonesia untuk turut aktif menjaga perdamaian dunia, menciptakan suasana meriah nan akrab.

           Para tamu undangan dan pengisi acara bersama-sama ikut menyanyikan lagu yang menyerukan perdamaian dunia ini, seakan mengingatkan semua orang untuk selalu bersama-sama menjaga kedamaian dunia dimanapun berada, demikian Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Roma, Aisyah M. Allamanda. )***2****

b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 28-09-2017 08:17:45

Tidak ada komentar: