Jumat, 13 Oktober 2017

ITALIA

KBRI ROMA PERINGATI KESAKTIAN PANCASILA DENGAN BERBATIK
    
    Roma, 3/10 (Antara) - Kedutaan Besar Republik Indonesia Roma, Italia memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dengan penampilan berbeda, yakni petugas maupun peserta upacara mengenakan batik bertepatan Hari Batik Nasional, 2 Oktober di KBRI setempat, Senin (2/10) sore.
         Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, menyampaikan bahwa warga Indonesia di Roma memperingati Hari Kesaktian Pancasila untuk mengingat pentingnya Pancasila sebagai dasar negara yang telah teruji sebagai pemersatu bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan bermasyarakat, Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Roma, Aisyah M. Allamanda kepada Antara London, Selasa.
         Dubes Esti Andayani menyatakan kegembiraannya karena pelaksanaan upacara yang bertepatan dengan Hari Batik Nasional juga dimanfaatkan sebagai ajang ungkapan ekspresi masyarakat akan kebanggaannya terhadap warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui dunia.
         Hal yang menarik adalah, pascaupacara, sebagian warga Indonesia yang mengenakan batik sengaja mengunjungi pusat wisata dan sejarah kota Roma  berpose bersama. Dalam kesempatan tersebut, beberapa orang baik wisatawan mancanegara maupun warga setempat menyapa sambil menanyakan tentang Indonesia. Rupanya busana batik mulai memperoleh pamor dan dijadikan ciri khas Indonesia.
         Dalam beberapa pekan terakhir, KBRI Roma mengadakan pekan budaya Indonesia di Italia, dengan fokus rangkaian kegiatan promosi pada tahun ini adalah promosi batik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai wilayah Italia, seperti Reggio Emilia, Florence, dan Roma, dengan menggandeng perancang Novita Yunus dari label Batik Chic asal Jakarta.

         Di Italia, keahlian membatik ternyata juga telah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Hal ini dapat dilihat dari dua koleksi lukisan batik yang berada di Musium Salvatore Ferragamo, satu karya dua orang siswa studi busana Italia dan lainnya kreasi seniman Franco Nava, keduanya diproduksi pada pertengahan tahun 1930-an. (ZG) ***4****
(T.H-ZG/C/T. Susilo/T. Susilo) 03-10-2017 09:54:58

Tidak ada komentar: