Jumat, 13 Oktober 2017

SUSI

SUSI AKUI PEMERINTAH MEMPERKUAT KEMARITIMAN 
     Zeynita Gibbons

     Chivitavecchia Itali, 30/9 (Antara) -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan suatu kegembiraan dengan hadirnya KRI Bima Suci yang merupakan satu bukti bahwa pemerintah Indonesia mempunyai keinginan menjadikan  kemaritimannya yang kuat apalagi luas wilayah laut Indonesia nomor dua terbesar di dunia dengan luas wilayah laut lima juta meter persegi.
          "Sudah saatnya Indonesia membuktikan kedaulatan pada lautnya," ujar Menteri Susi dalam sambutannya pada acara  Cocktail Party menyambut kehadiran KRI  Bima Suci di kota pelabuhan Chivitavecchia, Italia, Jumat malam.
         Acara Cocktail Party dihadiri Dubes RI di  Roma Esti Andayani dan dubes RI di Vatikan  Antonius Agus Sriyono,
Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito bersama rombongan Taruna AAL , Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji dan Komandan Latihan Satgas Kartika Jala Krida 2017 Letkol Laut (P) Tonny Sundah M.tr.Han serta undangan dari kalangan korps Diplomatik.
           Menteri Susi  mengatakan bahwa Indonesia dengan luas lautnya yang dikenal   nomor dua terpanjang di dunia dengan lima juta meter persegi sesuai dengan visi dan misi pemerintah Indonesia ingin menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.
           Dikatakannya selama dua setengah tahun Indonesia terus menerus  melakukan perang ilegal fishing untuk menjaga sumber daya perikanan agar cukup untuk masa depan bangsa.
           Menteri  berharap  agar kapal latih KRI Bima Suci dapat mendidik para taruna dan tarunawati menjadi pelaut yang andal dan menjaga kedaulatan laut dan pusaka sumber daya alam yang membuat iri negara lainnya.
            Diakuinya selama dua setengah tahun perikanan Indonesia karena hebat nya Angkatan Laut dan juga Polisi laut serta  Kementerian Perikanan dan seluruh elemen bangsa bisa  meningkatkan stock perikanan Indonesia dengan nilai yang luar biasa dari 61/2 juta ton menjadi 12 1/2 suatu hal yang luar biasa bahkan nilai tukar laut juga menguntungkan nelayan dari 104 menjadi 110 dan untuk pertama kali dalam sejarah neraca perdagangan nomor satu di Asia.
            Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi KRI Bima Suci  dibangun di galangan kapal Freire Shipyard Spanyol,
memiliki ukuran panjang total 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas. Kapal kelas tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi merupakan kapal latih bagi para taruna dan tarunawati Angkatan Laut.
            Kapal Bima Suci yang baru melakukan perjalanan panjang selama 10 hari dari galangan kapal di Vigo Spanyol pada tanggal 28 September tiba di pelabuhan Chivitavecchia, Itali, Dengan menampilkan kegiatan Parade Roll 93 Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan ke 64 berhasil memukau seluruh masyarakat Italy dengan parade roll dan penampilan music dari Genderang Suling Gita Jala Taruna.
          Setelah Kapal Sandar Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji dan Komandan Latihan KJK 2017 Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr.Han. turun ke dermaga dan disambut Atase Pertahanan Indonesia untuk Itali, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan bersama keluarga dan beberapa staf KBRI Indonesia untuk Itali.
          Menurut Athan kedatangan KRI Bima Suci di Itali merupakan suatu kebanggaan karena kapal ini akan menjadi duta bangsa yang akan membawa harum nama Indonesia ke seluruh dunia. Selama di Italy Para Taruna AAL tingkat III melaksanakan kegiatan Kirab Kota, Pertunjukan kebudayaan dan juga penampilan music dan tari di kota Chivitavecchia.
         Selain itu masyarakat Italy yang ingin mengunjungi kapal akan diberikan kesempatan  Sabtu 30 September  dari pukul 10.00 sampai dengan 17.00 waktu itali. KRI Bima Suci selanjutnya berada di Itali sampai dengan hari minggu tanggal 1 Oktober dan  selanjutnya melaksanakan pelayaran di Port Said, Mesir.
         Acara Cocktail Party pada sore hari menjelang berakhirnya  musim panas diawali dengan menyanyikan Lagu kebangsaan Italia Inno di Mameli  oleh penyanyi Indonesia yang lama menetap di Torino Italia Betty Bariati dan 
dilanjutkan  lagu Indonesia Raya dan, diikuti sambutan Dubes RI di  Roma Esti Andayani dan Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito serta hiburan oleh para taruna dan tarunawati.

   
***2***
ZG/O001

(T.H-ZG/B/O. Tamindael/O. Tamindael) 30-09-2017 09:31:08

Tidak ada komentar: