Selasa, 12 Desember 2017

B ELFAST

DUBES: PEMERINTAH INDONESIA KOMITMEN SEDERHANAKAN BIROKRASI INVESTASI
         Oleh Zeynita Gibbons

    London, 9/12 (Antara)- Dubes RI untuk Kerajaan Inggris, merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Rizal Sukma mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen menyederhanakan proses birokrasi investasi.
         Dalam kunjungan kerjanya ke Belfast, Irlandia Utara selama dua hari sejak Kamis (7/12) Dubes Rizal Sukma menegaskan penyederhanaan birokrasi dan efisiensi proses investasi merupakan salah satu target utama kebijakan Presiden Joko Widodo, demikian  Minister Counsellor Pensoabud KBRI London Thomas Siregar kepada Antara London, Sabtu. .  
     Dubes Rizal Sukma didampingi Ketua Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC)  berbasis di London, Nurul Ikhwan dan tim KBRI London, berkunjung ke Kantor Pusat Invest Northern Ireland dan melakukan pertemuan meja bundar bisnis dengan sejumlah perusahaan swasta di Irlandia Utara.
          Ia mengatakan saat ini Pemerintah Indonesia dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo memprioritaskan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang diantaranya kesehatan,perhubungan, pendidikan, energi, pariwisata, yang tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa. Indonesia memiliki peluang besar untuk investasi dengan pasar yang sangat masif.
           Pada kesempatan itu, Chief Executive Alaistair Hamilton dan jajarannya menyampaikan pihaknya melihat Indonesia memiliki potensi investasi yang sangat besar, namun hingga saat ini masih belum dapat direalisasikan secara optimal, karena birokrasi terlalu banyak dan tidak efisien dibandingkan beberapa negara di kawasan Asia lainnya seperti Filipina, Vietnam dan Myanmar.
          Dalam pertemuan itu dilakukan one-on-one meeting antara IIPC dengan Bombardier Aerospace,  perusahaan bergerak di bidang desain dan pengembangan struktur aerometalik penerbangan sipil.
   
     Pertahanan

     Selain itu, Dubes Rizal Sukma melakukan kunjungan ke Thales Air Defence, Belfast Irlandia Utara. Di Thales Air Defence.
          Dubes  mengatakan Indonesia tengah berupaya meningkatkan sistem pertahanan dan keamanan. Oleh karenanya, berbagai peluang kerjasama yang dapat dilakukan di masa datang. Dubes dan tim KBRI London mendapat kesempatan  melihat langsung beberapa area pengerjaan alat sistem pertahanan udara  dirancang diproduksi Thales.
          CEO Thales UK Victor Chavez  mengatakan Thales Air Defence merupakan perusahaan yang memiliki program Unmanned Air System (UAS) terbesar di Eropa.
          Perusahaan itu menawarkan berbagai produk berteknologi tinggi yang dapat membantu melindungi area perbatasan, keamanan maritim, perlindungan terhadap lingkungan dan sumber daya alam, dan lainnya. Viktor mengatakan saat ini Thales menjalin kerjasama dengan PT LEN di Jawa Barat.     
     Kunjungan kerja Dubes Rizal Sukma dan tim KBRI London selama dua hari di Belfast, Irlandia Utara diharapkan membuka jalan bagi pengembangan dan peningkatan kerjasama ekonomi dan pertahanan Indonesia dengan Irlandia Utara di masa datang.
    ***3***
(T.H-ZG/B/R. Utami/R. Utami) 09-12-2017 20:57:23


Tidak ada komentar: