Selasa, 12 Desember 2017

GOTE BURG

MALAM KEBUDAYAAN INDONESIA DIGELAR DI GÖTEBORG
     Zeynita Gibbons

    London, 12/12 (Antara)  Perkumpulan Masyarakat Indonesia di Gothenburg (Indonesiska Kultur Föreningen i Göteborg -IKF) bekerja sama dengan KRI Stockholm serta Arbetarnas Bildnings Förbud (ABF) Goteborg dan  Perkumpulan Pelajar Indonesia (PPI) Swedia mengelar  "Malam Kebudayaan Indonesia di kota Göteborg".
         Pesta seni budaya dan kuliner Indonesia yang terbesar di kota Göteborg berlangsung di Gamlestadens Medborgarhus-Göteborg  pada akhir pekan hingga larut malam, demikian PF Pensosbud KBRI Stockholm kepada Antara London, Selasa..
            Duta Besar RI dalam sambutan tertulisnya menyampaikan  pesta besar komunitas masyarakat Indonesia di kota Göteborg ini selalu menjadi perhatian masyarakat Göteborg.     
    Hal ini membuktikan  keragaman budaya termasuk beragam kuliner yang dimiliki oleh Indonesia sangat disukai  masyarakat Swedia. Antusias pengunjung terlihat dari jumlah undangan mencapai  sekitar 500 orang .
          Ketua panitia penyelenggara "Malam Kebudayaan Indonesia di Göteborg"¿, Alwania Forssèn mengatakan Indonesiska Kultur Foreningen (IKF) merupakan  perkumpulan masyarakat Indonesia di kota Göteborg setiap akhir tahun mengelar  "Indonesian Night" yang menyajikan seni budaya dan kuliner Indonesia.
             Selain menjadi ajang silaturahim antar sesama warga Indonesia, acara malam kebudayaan ini juga mengobati rasa rindu  warga Indonesia di Göteborg terhadap tanah kelahiran.
        Semarak acara dihibur oleh penampilan tari-tarian Sekar Jagat dari Bali, tari Kipas dari Sulawesi Selatan, Tari Dolok Pusuk Buhit dari Sumatera Utara, Tari Doger Kontrak dan Tari Karedok Leunca dari Jawa Barat, Tari Tobelo dari Maluku Utara, Tari laksamana Raja di Laut dari Riau, Tari Selayang Pandang dari Kalimantan Barat serta Tari Piring dari Sumatera Barat.
          Penyajian kuliner khas Nusantara juga menarik perhatian pengunjung seperti bakso, rendang, gado-gado, telor balado, bihun goreng serta orek tempe dan tak lupa pula Kopi Indonesia menemani  undangan menikmati acara ini.
            Selain tari-tarian dan sajian kuliner, ditampilkan  peragaan busana daerah dari berbagai provinsi di Indonesia yakni Lampung, Riau, Jambi, Dayak, Bengkulu serta Kalimantan Tengah. Acara dihibur pula oleh band musik yang membawakan lagu Indonesia maupun Swedia.

         Sebelumnya diadakan pemaparan mengenai Indonesia yang bertujuan melestarikan dan mengenalkan seni budaya Indonesia di mancanegara khususnya di kota Göteborg.)***4**

c/a011
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 12-12-2017 06:45:06

Tidak ada komentar: