Selasa, 05 Desember 2017

MEKSIKO

PEBISNIS MEKSIKO BERMINAT BERINVESTASI DI INDONESIA
     Zeynita Gibbons

      London, 4/12 (Antara) - Sekitar 70 pelaku bisnis Meksiko berminat menanamkan modalnya di Indonesia yang disampaikannya dalam acara Indonesia Trade and Investment Day (IITD) 2017, yang diselenggarakan KBRI Mexico City di Hotel Hyatt Regency Mexico City, pada akhir pekan.
           Acara yang digelar untuk ketiga kali setelah sebelumnya di Mexico City tahun 2015 dan di Monterrey tahun 2016 dalam upaya memperkenalkan lebih lanjut potensi bisnis di Indonesia kepada kalangan pengusaha dan investor Meksiko, demikian Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Senin.
           Dalam sambutan pembukaan, Dubes RI di Meksiko, Yusra Khan menyampaikan stabilitas ekonomi, rating yang tinggi, serta proyeksi Indonesia menjadi perekonomian kelima terbesar dunia pada tahun 2030 sebagai tiga alasan mengapa Indonesia merupakan tujuan investasi yang tepat.
          Tiga alasan ini didukung oleh kebijakan Presiden Joko Widodo dalam membangun infrastruktur, memberi berbagai insentif terhadap investasi di beberapa sektor khusus, mereformasi kebijakan fiskal, dan memerangi korupsi.
          Perwakilan Kamar Dagang Meksiko (COMCE), Jorge Pullido
dalam sambutannya juga mengakui potensi Indonesia sebagai mitra bisnis bagi Meksiko di kawasan Asia Pasifik. Perekonomian Indonesia yang terbuka dipandang sebagai sumber kesempatan bagi kedua negara untuk melakukan perdagangan.
          Pembicara yang hadir dalam IITD 2017 terdiri dari perwakilan pemerintah dan pengusaha yang memiliki pengalaman dagang dengan Indonesia.
          Wakil Direktur Indonesia Investment Promotion Center di New York City, Elsa Noviliyanti menyampaikan berbagai perbaikan peraturan yang memudahkan investasi di Indonesia, sekaligus mencerminkan komitmen pemerintah RI dalam menarik investor ke Indonesia.
          Kepala Indonesia Trade and Promotion Center Mexico City, Banny Ramadhani menyampaikan potensi yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis Meksiko di Indonesia, serta mengajak hadirin untuk memanfaatkan kehadiran ITPC di Mexico City untuk membantu dan memfasilitasi segala inquiry serta networking yang dapat memudahkan proses business matchmaking.
          Dari pelaku bisnis serta BUMN, perwakilan PT Dirgantara Indonesia, Indra Gautama dari IPTN North America memperkenalkan berbagai produk PT DI yang dimanfaatkan di Meksiko dan di kawasan Amerika Latin, serta memperkenalkan mitra kerja sama PT DI di Meksiko, Promotora Aeroespacial El Paso.
          Sementara itu, komoditas kertas dan produk turunannya produksi Asia Pulp and Paper Indonesia yang merupakan pemilik paper mill terbesar di dunia juga diperkenalkan perwakilan Perez Trading, mitra dagang APP di Meksiko.
          Selama acara, para peserta IITD Mexico City 2017 dapat mencicipi berbagai produk Indonesia yang sudah masuk pasar Meksiko seperti wafer dan biskuit produk PT Kaldu Sari Nabati, sementara mitra dagang PT Kaldu Sari Nabati memperkenalkan perusahaan  produsen wafer terbesar di dunia yang meraih berbagai penghargaan tingkat nasional dan internasional.
           Antusiasme peserta dalam mengenal lebih dalam berbagai potensi kerja sama dan perdagangan serta investasi di Indonesia terlihat pada sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan meminta penjelasan lebih lanjut mengenai kemudahan berinvestasi di Indonesia serta berbagai fasilitas yang ditawarkan pemerintah RI kepada investor pada sektor-sektor khusus.

           Sektor infrastruktur serta industri kreatif mendapat perhatian khusus dari para peserta. Selain itu sejumlah pebisnis  melakukan pembicaraan lanjutan mengenai potensi distribusi dan pemasaran produk kertas dengan perwakilan APP  dan produk wafer dengan Kaldu Sari Nabati.(ZG) ***3***
Ridwan Chaidir
(T.H-ZG/B/R. Chaidir/R. Chaidir) 04-12-2017 22:21:44

Tidak ada komentar: