Rabu, 27 Desember 2017

SPANYOL




Zeynita Gibbons

    London, 23/12 (Antara) - KBRI Madrid bersama 75 negara, lembaga kebudayaan asing dan media massa Spanyoly berpartisipasi pada  pameran produk ekonomi dan budaya serta  penampilan kesenian Indonesia pada festival "La Navideña Feria Internacional de las Culturas".
          Pada kegiatan ini, KBRI Madrid  melibatkan peran serta masyarakat diáspora untuk mengisi stand Indonesia dalam bentuk penjualan produk-produk ekonomi dan kebudayaan Indonesia, demikian Pensosbud KBRI Madrid dalam keterangannya yang diterima Antara London, Sabtu.
           Festival  yang diadakan untuk ke tiga kalinya  diselenggarakan pemerintah Kota Madrid melibatkan 76 negara sahabat dan lembaga internasional di Spanyol  mengambil tema menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2018 dan dihadiri ratusan ribu warga setempat.
          Pameran dibuka  Walikota Madrid, Manuela Carmena, yang dalam sambutannya menyampaikan ucapan penghargaan dan terima kasih atas partisipasi perwakilan asing di Madrid yang turut menyukseskan acara internasional, dan diharapkan akan menguatkan hubungan antarwarga atau people-to-people Spanyol dengan negara-negara sahabat.
         Dikatakannya  tradisi Natal dilaksanakan semua budaya dan memiliki arti solidaritas serta empati bagi  sebagai manusia untuk berkomitmen terhadap nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, kemajuan, berjuang bagi kesetaraan dalam kehidupan masyarakat.
            Festival internasional ini memiliki keanekaragaman kegiatan yang berjumlah 270 program seni budaya meliputi pameran, kesenian dan tarian tradisional dari seluruh dunia, lokakarya, cerita dongeng, film, buku, makanan, musik dan atraksi-atraksi menarik lainnya.
          Festival ini menampilkan stand dengan tradisi Natal dan Tahun Baru yang berbeda-beda dari berbagai negara seperti di Indonesia, Jepang, Rusia, Georgia, Kolombia, Meksiko, Ekuador, Argentina, India, serta negara-negara Amerika Latin dan Afrika lainnya.
           Pada Festival ini stand Indonesia memperkenalkan dan mempromosikan produk ekonomi dan budaya Indonesia kepada masyarakat Spanyol antara lain batik, pakaian tradisional, kerajinan tangan, patung seni dan cendera mata corak budaya termasuk mempertunjukkan penampilan tarian Indonesia yaitu tari Lancang Kuning, Tari Zapin dan Tari Serampang 12.

          Melalui partisipasi kegiatan festival ini, diharapkan akan meningkatkan citra positif Indonesia di Spanyol. Promosi ekonomi dan budaya Indonesia semacam ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat Spanyol atas keragaman potensi ekonomi, budaya dan pariwisata Indonesia dan jangka panjang mempengaruhi pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Spanyol ke Indonesia.****4***

Tz/c/a011
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 23-12-2017 07:01:31

Tidak ada komentar: