Rabu, 20 Juni 2018

BUDAPEST

PERINGATAN NUZUL QURAN DI HONGARIA
Zeynita Gibbons

     Jakarta,5/6 (Antara)- KBRI Budapest bersama masyarakat dan diaspora serta pelajar Indonesi di Hungaria mengadakan acara peringatan Hari Turunnya Al-Quran atau yang sering disebut dengan Nuzulul Quran di Wisma Duta KBRI Budapest  pada tanggal 17 Ramadhan 1439 H atau bertepatan dengan tanggal 2 Juni lalu.
          Pensosbud KBRI Budapest kepada Antara, Selasa menyebutkan
kegiatan Nuzulul Quran dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran serta Saritilawah dibawakan mahasiswa Indonesia anggota PPI Hongaria serta Tausiah mengenai inti dari ajaran Islam dan Al-Quran sebagai pedoman hidup muslim.
         Kegiatan dirangkaikan dengan buka puasa bersama juga dihadiri  seluruh keluarga besar KBRI Budapest dan tenaga kerja terampil Indonesia yang sedang bertugas di Hongaria.
          Dubes menyambut hangat kehadiran WNI di KBRI Budapest dan menyampaikan inti Ibadah puasa Ramadan bukan hanya menahan diri namun bagaimana mengurangi  keinginan  yang berlebihan sehingga usai  Ramadan kembali ke kehidupan sehari-hari masih dalam suasana Ramadan.
          Pada peringatan Nuzulul Quran juga hadir  lebih dari 30  tenaga kerja ahli asal Indonesia yang bekerja pada pabrik Guntner Tata Hongaria. Bagi pekerja tergolong baru bekerja di Hongaria, kegiatan peringatan Nuzulul Quran merupakan pengobat rindu kampung halaman dalam suasana Ramadan di tanah air. Kegiatan buka puasa bersama ini juga dimanfaatkan PPLN Budapest  melakukan pendataan kembali untuk WNI yang baru tiba di Hongaria.
            Selama Ramadhan, KBRI Budapest secara rutin melakukan kegiatan Buka Puasa Bersama yang dilakukan setiap akhir pekan dalam suasana kekeluargaan dan kesederhanaan, dibuat secara swadaya dari seluruh staf KBRI dan ITPC Budapest serta masyarakat Indonesia di Hongaria dan tidak menggunakan anggaran KBRI Budapest. (ZG)***4****


(T.H-ZG/B/Y. Ali/Y. Ali) 05-06-2018 04:16:27

Tidak ada komentar: