Senin, 25 Juni 2018

ROMA

Oleh Zeynita Gibbons

    Jakarta, 16/6 (Antara) - Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani mengajak para duta besar negara sahabat yang hadir pada Open House atau halalbihalal di KBRI Roma untuk merasakan nuansa Lebaran di Indonesia.
         Ini karena beberapa dubes negara sahabat itu menyebutkan bahwa Idul Fitri tersebut tidak dirayakan secara meriah seperti di Indonesia.
         Acara halalbihalal yang diadakan di KBRI Roma menjadi suatu pengalaman tersendiri yang sangat menarik, laporan Pensosbud KBRI Roma, Aisyah M. Allamanda kepada Antara di Jakarta, Sabtu.
         Sekitar 200 warga Indonesia yang berada di Roma dan sekitarnya mengikuti serangkaian acara, meski banyak yang tidak dapat hadir karena harus bekerja, perayaan itu tetap berlangsung hangat dan meriah. Panjangnya waktu berpuasa di Roma, sekitar 18 jam per hari, di saat tengah musim panas, menjadikan Idul Fitri lebih terasa sebagai "Hari Kemenangan".
         Selepas shalat Idul Fitri berjamaah, Ustad Ikhwani yang menjadi Imam, menyampaikan ceramah Idul Fitri bertajuk "Meneguhkan Perilaku Mulia Pasca Ramadhan". Masyarakat Indonesia yang hadir diajak tetap mengamalkan perilaku mulia, khususnya dalam kehidupan sosial sehari-hari, meski tidak lagi sedang menjalankan ibadah Ramadhan.
         Layaknya di Indonesia, perayaan Idul Fitri juga diisi dengan halalbihalal. Antara satu dan yang lain saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan. Nuansa berlebaran di Indonesia juga dihadirkan dengan berbagai ragam dekorasi ketupat yang menghiasi ruangan bertema klasik Romawi berpadu Jawa-Bali, tidak ketinggalan, berbagai ragam sajian khas Idul Fitri yang biasa dihidangkan ketika lebaran seperti lontong opor ayam dan sambal goreng ati sebagai menu utama.

         Masyarakat yang lama tinggal di rantau pun antusias menikmati makanan pengobat rindu kampung halaman tersebut. Begitu pun bagi
para Duta Besar negara sahabat yang hadir merasakan nuansa lebaran di Indonesia tersebut menyampaikan bahwa Idul Fitri tidak dirayakan secara meriah seperti di Indonesia. Oleh karena itu, kesempatan halalbihalal di KBRI Roma menjadi suatu pengalaman tersendiri yang sangat menarik. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/C/T. Susilo/T. Susilo) 16-06-2018 20:58:22

Tidak ada komentar: