Rabu, 20 Juni 2018

KUNINGAN

WNI BALI RAYAKAN KUNINGAN "KRAMA BALI" DI KOPENHAGENZeynita Gibbons
    Jakarta,10/6 (Antara) - Komunitas Masyarakat Bali di Denmark dan Diaspora Indonesia termasuk masyarakat Denmark merayakan Hari Raya Kuningan untuk pertama kalinya dilaksanakan di Gedung Pancasila KBRI Kopenhagen, Sabtu.
         Perayaan ini langsung mengundang antusias sejumlah masyarakat dan Diaspora Indonesia termasuk masyarakat Denmark sendiri untuk menyaksikan prosesi Hari Raya tersebut, demikian Pensosbud KBRI Copenhagen, Ismail N.Pulungan kepada Antara di Jakarta, Minggu.
         Selain sebagai acara budaya yang tergolong istimewa kesempatan ini juga bersamaan dengan dibentuknya kelompok komunitas "Krama Bali" yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat Bali di Denmark.
         Dalam sambutannya Dubes RI Kopenhagen Muhammad Ibnu Said menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian yang telah dilakukan komunitas masyarakat Bali di Denmark.
         Dubes RI juga menambahkan kegiatan ini sebagai bagian dari cerminan diplomasi budaya yang harus dipertahankan utamanya Indonesia yang kaya dengan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki sesuai dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, berbeda namun tetap satu kesatuan Indonesia.
         Dubes RI juga menegaskan agar seluruh komponen masyarakat Indonesia di Denmark untuk terus berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan dengan dukungan penuh dari KBRI.
    Mewakili Komunitas Krama Bali Denmark, Gede Widana menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan KBRI Kopenhagen, sehingga acara istimewa ini untuk perdananya dapat terlaksana di KBRI Kopenhagen.
    Sejumlah tarian Bali turut ditampilkan seperti tari rejang renteng sebagai pembuka ritual Trisandya, tari penyambutan Panyembrame, dan beberapa tarian lainnya.    
    Untuk melengkapi khitmadnya acara ini tampak backdrop gapura Candi sebagai latar belakang main stage, karya tersebut dibuat dari kayu lapis dengan masa produksi hanya dua bulan. 
    Kegiatan berlangsung khitmad dan meriah ini dihadiri sekitar 70 orang yang terdiri dari komunitas masyarakat Bali di Denmark, Masyarakat dan Diaspora Indonesia Denmark dan keluarga besar KBRI Kopenhagen.

    (ZG)***4***
(T.H-ZG/B/H. Zainudin/H. Zainudin) 10-06-2018 22:23:08

Tidak ada komentar: